PDIP Sulbar perkuat konsolidasi

Kamis, 21 Maret 2013 - 10:52 WIB
PDIP Sulbar perkuat konsolidasi
PDIP Sulbar perkuat konsolidasi
A A A
Sindonews.com - Menjelang Pemilu 2014, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin memperkuat konsolidasi internal.

Ketua DPD PDIP Sulbar Agus Ambo Djiwa mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sesuai petunjuk DPP PDIP, yakni memperjelas pembentukan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

"Kemudian sosialisasi SK DPP PDIP nomor 061/TAP/DPP/III/2013 tentang tata cara penjaringan, penyaringan, penetapan dan pendaftaran calon anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Semua sudah dilakukan dalam rakor awal pekan ini," katanya, Kamis (21/3/2013).

Meski tidak menyebutkan secara rinci, Agus menegaskan target DPD PDIP adalah masuk dalam tiga besar pemenang Pemilu 2014.

Target tersebut dinilai Agus cukup realistis dan mutlak dicapai untuk menopang target PDIP secara nasional untuk memenangi pemilu.

“Untuk karakteristik wilayah seperti Sulbar, target itu sangat realistis dan bisa dicapai. Masuk dalam deretan tiga besar pada 2014 adalah hal yang selalu dikejar PDIP. Landasannya sudah ada, karena pada Pemilu 2009 lalu kami sudah memeroleh suara yang cukup memuaskan," jelasnya.

"Itu terlihat dengan banyaknya kader PDIP yang duduk di parlemen, baik provinsi maupun kabupaten. Saya tidak hafal berapa jumlah perolehan suara PDIP pada Pemilu 2009 di Sulbar. Yang pasti beberapa kader kami telah merebut kursi baik DPRD kabupaten maupun provinsi,” tambah Agus.

Karena itu, seluruh kader dan pengurus PDIP se-Sulbar yang dipersiapkan untuk menjadi caleg harus memiliki kapasitas yang lebih baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas itu, lanjut Agus, adalah mengikuti psikotes.

"Ini sudah kami lakukan dan hasilnya akan menjadi rujukan untuk pada kader yang dipersiapkan menjadi ketua DPRD. Layak atau tidaknya seorang kader menjadi ketua DPRD tercermin pada psikotes ini dan menjadi kebijakan DPP untuk memutuskan,” kata Bupati Mamuju Utara ini.

Ditegaskan, PDIP menginginkan agar para caleg yang dipersiapkan untuk berkompetisi pada pemilu betul-betul merupakan kader yang berkualitas. Bukan kader karbitan yang hanya mampu menjadi penonton di parlemen ketika terpilih.

Diakui, persaingan di Pemilu 2014 akan lebih ketat. Sebab Partai Golkar yang dimpimpin Anwar Adnan Saleh juga memasang target menang. Begitu juga dengan Partai Demokrat Sulbar yang kini dipimpin Suhardi Duka. Kedua partai itu disebut Agus sebagai rival terberat di Pemilu 2014.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4205 seconds (0.1#10.140)