Seismograf Gunung Dieng mencatat 15 kali gempa

Jum'at, 15 Maret 2013 - 18:08 WIB
Seismograf Gunung Dieng mencatat 15 kali gempa
Seismograf Gunung Dieng mencatat 15 kali gempa
A A A
Sindonews.com - Aktivitas Kawah Timbang di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah terus meningkat. Pos pengamatan Gunung Dieng mencatat, sepanjang Jumat ini telah terjadi 15 kali gempa.

Kepala Pos Pengamatan Gunung APi Dieng Tunut Pujiarjo mengatakan, pantauan aktivitas Kawah Timbang terjadi peningkatan.

"Alat seismograf yang berada di pos pengamatan hari Jumat ini mencatat telah terjadi 15 kali gempa," katanya di pos pengamatan Kecamatan Batur, Jumat (15/3/2013).

Ia menjelaskan, alat seimograf menunjukan telah terjadi 12 kali gempa jenis vulkanik dalam dan tiga kali gempa tektonik lokal dengan catatan tertinggi mencapai 4 Skala Richter.

"Gempa ini juga di rasakan warga yang berada di sekitar lokasi Kawah Timbang," tegasnya.

Untuk menghindari bahaya gas beracun, Tunut mengatakan, sejak hari ini pengukuran gas di lakukan menjauh dari bibir kawah. Jika sebelumnya di ukur pada jarak 150 meter, tim vulkanologi saat ini mengukur pada jarak 200-250 meter dari pusat semburan gas.

Alat detektor gas menunjukan kadar gas co2 mencapai 2,5 persen volume, masih berada pada level yang sangat berbahaya karena melebihi ambang batas normal 0,5 persen volume.

Meski aktivitas gempa mengalami kenaikan, status Kawah Timbang masih berada pada level waspada dengan radius aman 500 meter dari bibir kawah. Warga di minta tetap tenang dan mematuhi peringatan akan bahaya gas beracun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6961 seconds (0.1#10.140)