Waspada gunakan bumbu masak instan

Rabu, 13 Maret 2013 - 17:53 WIB
Waspada gunakan bumbu masak instan
Waspada gunakan bumbu masak instan
A A A
Sindonews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menengarai, selama harga bawang putih dan bawang merah mahal banyak ibu rumah tangga beralih menggunakan bumbu masak instan. Padahal penggunaan bumbu masak instan secara berkepanjangan bisa membahayakan kesehatan.

"Untuk saat ini memang belum ada laporan gangguan kesehatan dari pemakaian bumbu masak instan. Tapi masyarakat perlu waspada," ujar Kabid Pelayanan Kesehatan dan Farmasi (Yankes dan Farmasi) Dinkes Kota Batu, Nurseto ketika dihubungi, Rabu (13/3/2013).

Setiap ingin menggunakan bumbu masak instan. Yang perlu diperhatikan adalah tanggal kadaluarsa, kode produksi, dan perusahaannya.

Termasuk harus dicermati pula warnanya, kalau menggunakan warna merah atau kuning yang cerah, kemungkinan menggunakan pewarna kain.

"Kalau menggunakan bumbu masak instan. Sebaiknya dicek juga kode izin khusus untuk kategori Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)-nya," tandas Nurseto.

Kadinkes, Kota Batu dr Endang Triningsih menegaskan, bila kondisinya dianggap darurat. Terjadi lonjakan penggunaan bumbu masak instan.

Maka pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), kepolisian, lembaga pengaduan konsumen untuk melakulan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Batu.

"Semoga saja masyarakat tidak tergiur dengan bumbu masak instan. Meski harga bawang putih dan merah mahal. Saat memasak masyarakat harus tetap menggunakan bawang merah dan putih agar tubuh tetap sehat," pungkas Endang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1900 seconds (0.1#10.140)