KPU Sidorajo seleksi anggota PPK

Rabu, 06 Maret 2013 - 19:49 WIB
KPU Sidorajo seleksi anggota PPK
KPU Sidorajo seleksi anggota PPK
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 214 orang memperebutkan kursi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Mereke mengikuti tes tulis yang digelar di Kantor KPU Sidoarjo.

Mereka yang ikut tes tulis merupakan peserta yang dinyatakan lolos administratif yang sudah digelar sebelumnya.

"Dari 223 pendaftar yang lolos administrasi sebanyak 214 orang. Kini mereka mengikuti tes tertulis," ujar Ketua KPU Sidoarjo Bima Ariesdiyanto di kantornya, Rabu (6/3/2013).

Dari 214 orang itu nantinya yang akan lolos tes tulis sebanyak 180 orang. Setelah itu, KPU juga akan menyeleksi lagi untuk mengambil sebanyak 90 orang yang akan ditempatkan di 18 kecamatan. Tiap kecamatan mendapat jatah lima orang.

Peserta yang lolos tes tulis, berhak mengikuti tes selanjutnya yakni tes wawancara. Dalam tes interview tersebut, KPU akan melihat integritas dan loyalitas calon PPK.

”Kami ingin mencari PPK yang loyalitasnya tinggi dan fisik kuat. Sebab kerja sebagai panitia pemilihan sangat berat,” tandas Bima.

PPK tidak hanya menjalankan tugasnya saat pilgub saja karena berlanjut untuk pemilihan legislative (pileg) serta (pilpres). Sedangkan yang ikut tes tersebut mayoritas anggota PPK yang lama. Dari total PPK tahun lalu yakni sebanyak 90 orang, semuanya ikut tes tersebut.

Meski demikian, Bima mengaku tidak otomatis orang yang dulunya PPK bisa terpilih lagi. Sebab, KPU akan mengevaluasi kinerja orang tersebut ketika dulu bekerja.

Setelah melakukan tes wawancara, KPU akan menetapkan ke 90 orang PPK. Oleh KPU, ke 90 PPK tersebut terlebih dahulu akan diberi pelatihan pemilu.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8348 seconds (0.1#10.140)