Inventarisir budaya Mura molor

Rabu, 06 Maret 2013 - 16:12 WIB
Inventarisir budaya Mura molor
Inventarisir budaya Mura molor
A A A
Sindonews.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas (Mura) pesimis terhadap kinerja 228 petugas lembaga adat yang mengumpulkan data kebudayaan dan adat istiadat. Tenggat waktu yang diberikan hingga akhir Maret 2013 ini diprediksi bakal molor.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Mura, Yamin Pabli melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Pariwisata, Hamam Santoso mengatakan instruksi tersebut telah disampaikan hampir setahun yang lalu.

Bahkan pihaknya telah mendeadline petugas lembaga adat segera melakukan inventarisir, namun hingga sekarang belum ada yang diserahkan.

"Banyak benar yang belum terdata mulai dari data-data kebudayaan seni, tari, benda cagar budaya, musik dan situs, termasuk dengan adat istiadat," ujar Hamam, di kantornya, Rabu (6/3/2013).

Sejauh ini, berdasarkan laporan yang diterima pihak Disbudpar Mura, kata Hamam, hambatan yang dialami petugas lembaga adat dilapangan yakni tidak adanya dana operasional, sumber daya manusia (SDM) yang kurang, dan kesulitan transportasi.

Mudah-mudahan dana operasional di tahun 2014 mendatang sudah bisa diusahakan untuk petugas lembaga adat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9645 seconds (0.1#10.140)