Tana Toraja tambah truk sampah

Rabu, 06 Maret 2013 - 15:47 WIB
Tana Toraja tambah truk sampah
Tana Toraja tambah truk sampah
A A A
Sindonews.com - Sebagai upaya memaksimalkan pengangkutan sampah di daerahnya, pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) akan menambah armada baru pada tahun 2013.

Kepala BLHD Tana Toraja, Richard Potte menyatakan pihaknya mendapat alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2013 untuk menambah tiga unit kendaraan baru untuk mengangkut sampah di wilayah kabupaten Tana Toraja.

Jenis armada pengakut sampah baru itu yakni truk amrol (kontainer). Anggaran pembelian satu unit truk kontainer sekitar Rp350 juta.

“Tahun 2012 lalu, ada pengadaan 16 unit container sampah. Tahun ini, kami kembali menambah tiga kendaraan pengangkut sampah,” ujar Richard di Makale, Rabu (6/3/2013).

Dikatakan Richard, penambahan tiga unit truk kontainer tahun ini guna memaksimalkan pengakutan sampah dari tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir.

Kepala Kantor Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman, Penerangan Jalan Umum dan Pemadam Kebakaran (KP4) Tana Toraja, Abubakar menyatakan, volume sampah rumah tangga yang diangkut armada pengangkut sampah dari TPS ke TPA setiap harinya rata-rata 100-150 kubik.

Sementara jumlah armada sampah yang ada saat ini terdiri dari tiga unit truk amrol, tiga unit dum truk dan satu unit mobil kijang yang berfungsi ganda mengangkut sampah sekaligus kendaraan operasinal penerangan jalan.

“Jumlah armada pengangkut sampah yang ada masih minim dibanding jumlah volume sampah yang akan diangkut ke TPA setiap hari,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3622 seconds (0.1#10.140)