Kesehatan warga Yogyakarta dijamin Pemkot

Senin, 04 Maret 2013 - 15:09 WIB
Kesehatan warga Yogyakarta dijamin Pemkot
Kesehatan warga Yogyakarta dijamin Pemkot
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kota (Pemkot) Yogyakarta menjamin semua warga Yogyakarta, baik yang memiliki jaminan kesehatan (Jamkes) atau tidak dapat mengakses layanan kesehatan di rumah sakit dengan standar pelayanan kelas III.

Sehingga dengan adanya jaminan itu, rumah sakit yang ada di Yogyakarta, wajib memberikan layanan kesehatan tersebut.

Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono mengatakan selain untuk memberikan kepastian dalam hal pemenuhan pelayanan dasar, yaitu kesehatan, jaminan ini juga untuk menghindari adanya korban jiwa karena tidak mendapatkan layanan di rumah sakit.

“Jangan sampai ada warga meninggal karena tidak mendapatkan pertolongan kesehatan karena sakit," kata Imam Priyono di Kantor Pemkot Yogyakarta, Senin (4/3/2013).

Imam menjelaskan jaminan ini juga sebagai bentuk komitmen Pemkot dalam memberikan perlindungan kepada warga, dalam mengakses layanan dasar.

“Semua warga akan kami lindungi. Pemkot itu ibarat seorang bapak yang sangat sayang kepada anaknya,” katanya.

Untuk jaminan sendiri memang ada tiga jenis, yaitu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), jaminan kesehatan sosial (Jamkesos) dan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

“Misalnya untuk biaya rawat inap, warga di kelas III dari Jamkesda 75 persen dan bagi warga miskin ditambah 25 persen dari Jamkesos, sehingga total biaya 100 persen akan ditanggung pemerintah,” paparnya.

Direkur RS Yogyakarta Sri Aminah mengatakan asalnya semua prosedur dan ketentuan terpenuhi, rumah sakit akan memberikan pelayanan kepada warga. Baik untuk layanan dasar maupun layanan medis lanjutan. Untuk layanan dasar sendiri syaratnya cukup dengan menunjukkan KTP sebagai bukti warga Yogyakarta.

Namun khusus untuk pelayanan Jamkesmas, harus ada surat rekomendasi dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Yogyakarta.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5245 seconds (0.1#10.140)