Angin kencang di Polman dipicu cuaca panas

Kamis, 28 Februari 2013 - 18:02 WIB
Angin kencang di Polman dipicu cuaca panas
Angin kencang di Polman dipicu cuaca panas
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Barat menyatakan, angin kencang yang terjadi di Polewali Mandar disebabkan adanya konvergensi suhu secara mendadak.

Petugas Prakirawan cuaca BMKG Sulbar di Majene, Mujahidin, menuturkan, angin kencang yang disertai puting beliung tersebut diakibatkan terjadinya konvergensi atau pertemuan angin.

Kemudian, pertemuan angin itu didukung dengan adanya pemanasan suhu cuaca beberapa hari terakhir. Akibatnya timbulnya awan–awan hujan atau lebak yang biasanya disertai angin.

“Penyebabnya itu, karena adanya konvergensi atau pertemuan angin yang kemudian didukung dengan pemanasan tinggi beberapa hari terakhir,” tutur Mujahid ketika dihubungi, Kamis (28/2/2013).

Akibat tiupan angin kencang tersebut, ratusan rumah di Polman rusak parah. Sementara itu, dari pihak pemerintah, hingga kini belum mendapatkan data resmi terkait jumlah total rumah yang rusak.

Bahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman belum memiliki data akurat mengenai kerusakan.

“Tidak tahu kalau itu. Soalnya belum ada juga yang melapor. Biasanya, kalau ada kejadian begitu, dari lurah yang melapor ke kami,” ujar salah seorang staf di BPBD Polman ketika ditemui KORAN SINDO, Kamis (28/2/2013).

Angin kencang yang disertai puting beliung ini merupakan kali keduanya terjadi dalam dua bulan terakhir. Pada Januari lalu, tercatat kurang lebih dua ribu rumah yang rusak akibat diterpa angin.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8800 seconds (0.1#10.140)