Lutim akan bangun 71 perpustakaan di desa

Kamis, 28 Februari 2013 - 15:52 WIB
Lutim akan bangun 71 perpustakaan di desa
Lutim akan bangun 71 perpustakaan di desa
A A A
Sindonews.com - Untuk menumbuhkan minat baca, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) akan membangun perpustakaan di pelosok desa. Nantinya akan ada 71 perpustakaan baru di pelosok desa.

"Pemerintah menjamin ketersediaan perpustakaan diseluruh pelosok tanah air termasuk menfasilitasi penyelenggaraan perpustakkan di daerah," kata asisten Administrasi Umum, Kabupaten Lutim Rapiuddin Thahir di Aula Kantor Perpustakaan, Arsip Daerah dan Dokumentasi Luwu Timur, Kamis (28/2/2013).

Merujuk pada undang undang tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Lutim menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 4 tahun 2013. Nantinya, setiap desa akan ada perpustakaan.

“Kalau selama ini perpustakaan lebih banyak perpustakaan umum, nanti akan diperbanyak perpustakaan desa,” ujar Rapiuddin.

Rapiuddin menuturkan sejak dimekarkannya Kabupaten Luwu Timur fokus pembangunan mengarah pada pedesaan karena desa merupakan unsur terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Luwu Timur Jaenuddin mengatakan, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan tersebut di peruntukkan bagi 71 desa/lurah yang mendapat bantuan sebagai pengelola perpustakaan dari Badan Perpustakaan (BP) provinsi Sulawesi Selatan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)