KPU Jabar godok dapil baru

Rabu, 27 Februari 2013 - 15:49 WIB
KPU Jabar godok dapil baru
KPU Jabar godok dapil baru
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat (KPU Jabar) kini tengah membahas sejumlah daerah pemilihan (dapil) baru menjelang pemilihan legislatif (Pileg) 2014.

Sebelumnya, Jabar hanya terdiri dari 11 dapil, kemungkinan akan ditambah menjadi 13 dapil. Sejumlah daerah yang akan dipecah menjadi dapil baru, meliputi dapil 3 (Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur).

"Dapil 3 ini nantinya akan ada Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Lalu Kabupaten Cianjur akan jadi dapil baru," jelas ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat di Kantor KPU Jabar di Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (27/2/2013).

Kota Bogor juga akan menjadi dapil baru, yang sebelumnya bergabung dengan dapil Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor sendiri akan menjadi dapil mengingat daerahnya sangat luas.

Dapil Bekasi juga akan dipisahkan, menjadi dapil Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, Bekasi hanya satu dapil.

Menurutnya, dapil di Jabar terlalu padat atau sedikit. Sedangkan Jabar memiliki wilayah yang luas, sehingga peperlukan dapil-dapil baru. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2013.

Namun, kepastian penambahan dapil di Jabar ini masih dalam pembahasan. Hasil pembahasan KPU akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

Dapil-dapil yang kemungkinan berubah di antaranya dapil 3 meliputi Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7055 seconds (0.1#10.140)