Petani Binuang desak pemerintah bangun irigasi

Jum'at, 22 Februari 2013 - 10:42 WIB
Petani Binuang desak pemerintah bangun irigasi
Petani Binuang desak pemerintah bangun irigasi
A A A
Sindonews.com – Ratusan petani sawah di Dusun Silopo, Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) Polman untuk segera membangun irigasi.

“Untuk sementara, kita terpaksa mengairi sawah kita secara sendiri-sendiri, karena tidak adanya saluran irigasi pengairan sawah,”ungkap Hadinan, kepada SINDO usai acara Tamba Bulang, bersama ratusan petani yang ada di desa tersebut, Jumat (22/2/2013).

Menurut Hadinang, selama ini, dia dan sejumlah petani lainnya hanya mengharapkan air hujan untuk sawah mereka. Jika hujan tidak turun, para petani hanya mengairi sawah secara sendiri-sendiri.

“Untung saja, beberapa hari terakhir hujan selalu ada. Kalau dalam sepekan tidak turun hujan, bisa-bisa kita mengalami gagal panen,” keluh Hadiman.

Dalam kesempatan tersebut, Hadiman menyampaikan bahwa tradisi tamba bulan merupakan acara adat yang dilaksanakan setiap padi mulai berbuah.

“Kita sambut sebagai bentuk rasa syukur karena padi-padi kita sudah mulai berbuah dan siap untuk di panen,” tutup Hadinan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7271 seconds (0.1#10.140)