Ada teroris di LP Magelang

Kamis, 21 Februari 2013 - 17:53 WIB
Ada teroris di LP Magelang
Ada teroris di LP Magelang
A A A
Sindonews.com - Lima narapidana kasus teroris dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Magelang Jalan Sutopo No. 2 Kota Magelang. Mereka tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengawalan ketat dari Tim Densus 88 dengan persenjataan lengkap.

"Lima terpidana kasus teroris tersebut diberangkatkan dari Polda Metro Jaya Jakarta sejak Rabu 20 Februari 2013 pukul 21.20 menggunakan mini bus," ujar Satgas Teroris Kejaksaan Agung, Fatkhuri, yang ikut dalam rombongan tersebut saat ditemui di Lapas Magelang, Kamis (21/2/2013).

Kelima terpidana tersebut adalah Abu Syifa, Jhony alias Gondrong, Anton alias Burger, Tyo, dan Nobita.

Dijelaskannya, kelimanya berlatarbelakang kasus yang berbeda. Diantaranya jaringan bom buku, menyembunyikan pelaku teroris anak buah Umar Patek, perakit bom Cirebon yang belum meledak di Masjid Adzikro, anggota tim Hisbah Solo yang menerima dan menyembunyikan amunisi, dan satu lagi pembuat racun risi.

Racun risi, ungkapnya, merupakan racun yang direncanakan jaringan teroris untuk disebarkan ke polisi.

“Lima orang tersebut hukumannya beda-beda antara 3,5 tahun hingga 7,5 tahun, dan paling lama adalah yang kasus bom Cirebon yaitu Abu Syifa,” katanya.

Sementara Kalapas Klas II A Magelang, I Made Dharmajaya mengatakan, pihaknya berencana akan menempatkan lima terpidana tersebut satu sel dengan pengawasan yang berbeda dengan penghuni Lapas lainnya.

Pihaknya sendiri telah menerima surat pemberitahuan tersebut sejak Selasa (19/2/2013) lalu.

“Kita siap siapa saja yang mau masuk karena kita hanya menerima perintah dari Dirjen, meskipun untuk terpidana teroris di Lapas Magelang adalah yang pertama,” paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6266 seconds (0.1#10.140)