Distribusi E-KTP di Jateng belum menyeluruh

Kamis, 21 Februari 2013 - 17:29 WIB
Distribusi E-KTP di Jateng belum menyeluruh
Distribusi E-KTP di Jateng belum menyeluruh
A A A
Sindonews.com – Kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) yang dicetak oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hasil perekaman 2012 belum bisa didistribusikan ke masyarakat.

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransnduk) Provinsi Jawa Tengah Susie Handayanie mengatakan, saat ini E-KTP sebenarnya sebagian sudah didistribusikan ke beberapa kabupaten dan kota.

Adapun daerah tersebut diantaranya Kabupaten Jepara, Rembang, Pati. Di pantura barat seperti Kendal, Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal juga sebagian sudah didistribusikan. Pada 1 Maret mendatang, diharapkan di kabupaten-kota sudah mulai didistribusikan.

“Untuk Kota Semarang memang belum sama sekali. Rencananya nanti pertengahan Maret, karena saat ini sedang dilakukan penyortiran,” ungkap Susie Handayanie, KAmis (21/2/2013).

Susie menerangkan, penyortiran dilakukan karena jumlah penduduknya sangat banyak. E-KTP dari Kemendagri, akan dicocokkan dengan data KTP lama.

“Kota Semarang ini mencapai 1,25 juta, hampir sama dengan Kabupaten Brebes. Kabupaten Magelang juga belum didistribusikan,” paparnya.

Bagi masyarakat pemula yang sudah wajib E-KTP, saat ini proses perekaman masih dibuka di kantor-kantor kecamatan.

Perekaman reguler ini tetap gratis karena biaya untuk blanko sudah sudah didanai oleh pusat melalui dana dekonsentrasi.

“Perekaman masih terus dilakukan, karena akan ada wajib E-KTP baru,” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5135 seconds (0.1#10.140)