Desa Pampang jadi desa tanggap bencana

Kamis, 21 Februari 2013 - 16:43 WIB
Desa Pampang jadi desa tanggap bencana
Desa Pampang jadi desa tanggap bencana
A A A
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi datangnya bencana, Pemerintah Provinsi Kaltim berencana untuk menyiapkan program desa tangguh. Proses penyiapannya sedang berlangsung, sebagai tahap awal, Desa Pampang, Samarinda, Kaltim akan menjadi contoh desa tangguh.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Wahyu Widi Heranata, salah satu contoh daerah yang siaga menghadapi bencana adalah Kepulauan Mentawai.

Seluruh penghuni desa ini lolos dari terjangan tsunami pada tahun 2004 berkat latihan rutin menghadapi bencana.

“Ternyata, ada satu pulau di Kepulauan Mentawai yang seluruh warganya berjumlah 1.000 jiwa dapat selamat karena mereka sering dilatih secara berkala oleh LSM Pemerintah Jepang dalam menghadapi tsunami,” kata Wahyu, Kamis (21/2/2012).

Ia menambahkan, kecendrungan terjadinya bencana baik alam maupun sosial dari data yang dimiliki BPBD Kaltim cenderung meningkat. Begitu pun dengan kerugian material yang ditimbulkan.

Jika 2009 kerugian material akibat bencana mencapai Rp34 miliar maka pada 2012 kerugian akibat bencana ini di Kaltim telah meningkat Rp52 miliar.

Selama ini, Dinas Sosial telah memiliki Desa Siaga Bencana, sehingga BPBD Kaltim berinisiatif membentuk Desa Tangguh Bencana dengan tujuann sama, yaitu memilimalisir korban jiwa dan harta benda.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)