Puluhan Kades di Blitar nyaleg

Rabu, 20 Februari 2013 - 15:14 WIB
Puluhan Kades di Blitar nyaleg
Puluhan Kades di Blitar nyaleg
A A A
Sindonews.com - Dengan perhitungan memiliki basis massa yang jelas, puluhan keplaa desa (kades) di Kabupaten Blitar ramai-ramai mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

Informasi yang diterima Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar, sedikitnya sudah ada 20 orang yang sudah menyatakan niat menjajal nasib di kursi parlemen.

“Tentunya jumlah tersebut masih bisa bertambah lagi. Hal itu mengingat jumlah perangkat dan kepala desa tidaklah sedikit,“ ujar Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar Suhendro Winarso kepada wartawan, Rabu (20/2/2013).

Yang menjadi sedikit persoalan, Hingga saat ini belum ada aturan baku dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) apakah seorang kades atau perangkat yang mendaftarkan diri sebagai calon legislatif wajib melepas jabatanya atau tidak?. Atau yang bersangkutan cukup mengajukan ijin kepada pimpinan?.

“Untuk masalah itu kita masih menunggu aturan yang pasti. Sebab sejauh ini kita belum menerima salinan aturan tertulis dari KPU,“ terangnya.

Namun kendati demikian Winarso tetap mewajibkan setiap perangkat dan kades yang mencalonkan diri untuk tetap mengajukan ijin kepada pemerintah daerah. Sebab, semuanya itu terkait erat dengan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara menurut Nurkhamim dari Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Blitar, kades atau perangkat yang mencalegkan diri memiliki peluang menang yang lebih besar karena mereka memiliki basis massa yang riil.

Nurkhamim yang juga kades Karanggayam, Kecamatan Srengat berpendapat bahwa peluang menang akan semakin besar jika kades menjalankan formula berjejaring antar kades.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.8045 seconds (0.1#10.140)