Satpam ambilalih peran Satpol PP

Rabu, 20 Februari 2013 - 15:12 WIB
Satpam ambilalih peran Satpol PP
Satpam ambilalih peran Satpol PP
A A A
Sindonews.com - Pengamanan berbagai obyek vital terutama gedung milik Pemerintah Kabupaten Temanggung yang semula dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), mulai 20 Februari 2013 dipindahtangankan kepada satuan pengamanan (Satpam).

Sekretaris Daerah Pemkab Temanggung, Bambang Arochman mengatakan, perubahan tanggungjawab pengamanan tersebut dilakukan seiring adanya revormasi birokrasi.

“Satpol PP mengemban tugas dan fungsi sebagai aparatur penegak Perda bukan pengamanan kantor. Oleh karena itu tugas pengamanan dilakukan oleh Satpam," katanya dalam acara penerimaan Satpam, di ruang Loka Bakti Praja Setda Temanggung, Rabu (20/2/2013).

Dia mengungkapan, perekrutan satpam tersebut Pemkab Temanggung bekerja sama dengan PT Asiadaya Abadi Pati selaku perusahaan penyedia jasa.

“Semua satpam nantinya sudah memiliki bekal yang mumpuni,” lanjutnya.

Dia mengatakan, sejumlah objek yang harus diamankan meliputi kantor Setda, Pendopo Pengayoman beserta rumah dinas bupati, Gedung DPRD Temanggung, rumah dinas wakil bupati, dan rumah dinas Sekda.

"Berbagai objek tersebut merupakan simbol-simbol pemerintahan, oleh karena itu harus dijaga keamananya dan dijaga kewibawaannya," katanya.

Dia mengharapkan, dalam menjalankan tugas, para satpam tidak kaku. Namun, tetap luwes dengan berpedoman pada prosedur standar pengamanan yang ditetapkan.

Sementara Kepala Satpol PP Temanggung, Satria Indra Basuki mengatakan, selama masa transisi perpindahan tugas pengamanan dari Satpol kepada Satpam, pihaknya akan melakukan pendampingan selama satu minggu yakni 20-28 Februari 2013.

“Hal ini dimaksudkan agar para satpam memahami dengan lingkungan tugas yang menjadi tanggung jawabnya," tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5925 seconds (0.1#10.140)