Lanud Adisutjipto siap ramaikan Festival Naga

Selasa, 19 Februari 2013 - 16:32 WIB
Lanud Adisutjipto siap ramaikan Festival Naga
Lanud Adisutjipto siap ramaikan Festival Naga
A A A
Sindonews.com - Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta menyatakan siap meramaikan festival naga dalam rangka pekan budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) Sabtu 23 Februari 2013 mendatang.

Dimana dalam kegiatan tersebut, Lanud dipercaya untuk membawa tarian Naga (liang liong) dengan panjang 139 meter.

Kepala penerangan dan perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Hamdi Londong Allu mengatakan, untuk kepentingan tersebut saat ini sebanyak 200 personel Lanud, terutama yang berusia di bawah 35 tahun terus menjalankan latihan, dua kali dalam seminggu, yaitu tiap hari Selasa dan Jumat.

“Untuk latihan ini, mereka dilatih langsung oleh perkumpulan Budi Abadi, Bintaran Timur, Pakualaman, Yogyakarta pimpinan Hari Setia ,” terang Londong, Selasa (19/2/2013)

Seni tari Barongsai dan Liang Liong sendiri, saat ini bukan lagi menjadi pertunjukkan dan tarian tradisional dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa, namun sudah menjadi bagian dan identik dengan pesta rakyat, di Indonesia, khususnya Yogyakarta. Dimana secara umum para penari menirukan gerakan-gerakan makhluk naga yang berkelok-kelok dan berombak-ombak.

Gerakan-gerakan tersebut secara tradisional melambangkan peranan historis dari naga yang menunjukkan kekuatan yang luar biasa dan martabat yang tinggi. Naga yang dipercaya bisa membawa keberuntungan untuk masyarakat karena kekuatan, martabat, kesuburan, kebijaksanaan dan keberuntungan yang dimilikinya.

“Karena itu, dengan latihan rutin tersebut diharapkan, saat pertunjukkan, para personil Lanud tidak ada kendala dalam membawakan tarian itu. Apalagi mereka akan membawakan tarian sepanjang Malioboro hingga Alun-alun Utara,” katanya.

Sedangkan keterlibatan Lanud Adisutjipto dalam kegiatan PBTY tahun ini, terutama saat festival Naga, karena mendapatkan giliran. Dimana pada tahun sebelumnya adalah unsur dari TNI AD, yaitu Yonif 403 dan pada tahun ini dari TNI AU.

“Pada pelaksanaan tahun ini kami memang bekerjasama dengan Lanud Adisutjipto karena tahun sebelumnya sudah pernah melakukan kerjasama dengan Instansi TNI lainnya,” kata ketua Panitia PBTY 2013 Tri Kirana Muslidatun.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9912 seconds (0.1#10.140)