Permudah akses ke pedalaman, Kaltim sumbang long boat

Selasa, 12 Februari 2013 - 02:00 WIB
Permudah akses ke pedalaman, Kaltim sumbang long boat
Permudah akses ke pedalaman, Kaltim sumbang long boat
A A A
Sindonews.com - Harus diakui jika akses transportasi ke pedalaman Kalimantan Timur (Kaltim), terutama ke ujung Sungai Mahakam masih sangat minim.

Akibatnya, harga barang di daerah tersebut melambung tinggi. Apalagi arus sungai semakin ke hulu semakin sulit. Tidak semua kapal dapat melintas, harus kapal khusus.

Untuk mengurangi lonjakan harga barang akibat transportasi yang minim, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pariwisata dan Koperasi UMKM memberikan bantuan dua buah long boat atau perahu panjang lengkap dengan mesinnya.

“Saat ini bantuan perahu jenis long boat ini sedang dalam proses lelang. Diharapkan dalam waktu dekat setelah lelang, dua long boat ini akan diserahkan kepada koperasi binaan Disperindagkop Kaltim untuk dikelola,” kata Kepala Disperindagkop Kaltim Mohammad Djaelani, Senin 11 Februari 2013.

Dia menjelaskan, beberapa kecamatan di ujung Sungai Mahakam tersebut hanya dapat dilalui dengan perahu panjang yang dapat digunakan untuk melewati jeram-jeram berbahaya dan berarus deras. Dengan kondisi tersebut, angkutan barang dan penumpang menjadi mahal dari beberapa kecamatan lainnya di Kutai Barat.

Apalagi hanya jalur sungai yang melewati jeram dan batu-baru besar ini saja yang dapat menghubungkannya.

Sebelumnya Dinas Perhubungan Kaltim juga pernah memberikan bantuan kapal. Dengan penambahan dua kapal ini diharapkan transportasi barang bisa lebih mudah dan dapat mengangkut banyak barang dalam jumlah banyak.

“Nantinya bantuan ini akan dioperasikan oleh koperasi-koperasi yang ada di dua kecamatan tersebut. Diharapkan benatuan ini dapat meringankan distribusi barang ke Long Bagun dan Long Pahangai tersebut,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9668 seconds (0.1#10.140)
pixels