Berburu durian di Wonosalam

Minggu, 10 Februari 2013 - 10:03 WIB
Berburu durian di Wonosalam
Berburu durian di Wonosalam
A A A
Sindonews.com - Bagi anda penggemar buah durian, tidak ada salahnya mencoba tempat yang satu ini. Pada bulan Februari ini, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sedang masuk musim durian.

Kontan, tidaklah susah untuk mendapatkan buah berduri ini. Kecamatan Wonosalam berada sekira 20 Km arah Selatan, dari Kabupaten Jombang.

Memasuki Kecamatan Wonosalam, di pinggir jalan banyak dijumpai sejumlah pedagang yang menjajakan buah yang berbau menggoda ini. Dengan suasana yang sejuk ditambah dengan pohon yang rimbun ini, membuat selera untuk menikmati durian semakin bergairah.

Maklum saja, Kecamatan Wonosalam ini merupakan kawasan pegunungan di Kabupaten Jombang. Berada di bawah kaki Gunung Anjasmoro, membuat Wonosalam serasa berada di puncak Bogor. Dengan hawa yang sejuk inilah membuat pohon buah yang memiliki nama latin durio zibethinus ini tumbuh subur.

Memilih buah durian di Wonosalam ini tidaklah susah. Sebab, semua buah durian yang dijual di kawasan ini adalah matang dari pohon. Mulai dari Durian Montong, Durian Bajol, Durian Lokal, Durian Simas dan lain-lain tersedia.

Sementara harga durian di Wonosalam ini sangatlah akrab dengan kantong. Buah durian di Wonosalam ini dijual mulai dari harga Rp20 ribu tergantung dari jenis dan ukuran buah durian. Yang termahal adalah durian Montong yang mencapai Rp150 Ribu.

Indah Wulandari, salah satu penggemar durian ini rela datang dari Depok, Jawa Barat untuk menikmati buah durian di Wonosalam. Pada libur akhir pekan ini, perempuan berjilbab ini datang ke Wonosalam bersama suaminya, Muhammad Saifulloh hanya untuk sekedar menikmati musim durian di Wonosalam. Maklum saja, perempuan berkacamata ini memang sangat menggemari buah berduri.

Datang ke Wonosalam ini, Indah memang hendak bersilaturrahmi dengan keluarganya di Kawasan Desa Beratkulon kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Namun sebelum ke tempat tersebut, karena satu perjalanan perempuan ini mampir ke Wonosalam. Sebab, perjalanan dari Stasiun Jombang hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam perjalanan.

Indah mengaku, ketika masuk ke Wonosalam, aroma durian sudah tercium meski masih berada di dalam mobil.

Menurut Indah, membeli buah durian di Wonosalam ini tidak harus susah-susah untuk memilih. Sebab, apapun yang dipilih, buah durian pasti pas dengan selera. Ada yang berasa manis sedikit pahit dan manis saja.

"Enggak seperti beli di kota harus pandai memilih. Itupun belum tentu sesuai dengan selera. Kalau di sini (Wonosalam) memilih bagaimana saja pasti terasa enak," ujar Indah, Minggu (10/2/2013).

Membeli durian di Wonosalam ini tidaklah menyiksa kantong. "Murahlah harganya. Durian 8 buah hanya Rp200 ribu. Kalau di kota dua buah saja bisa mencapai Rp140 ribu," ujarnya.

Nah, tidak ada salahnya datang ke Wonosalam untuk menikmati buah durian. Pada bulan Februari hingga Maret, kawasan ini memang sedang musim durian. Selain durian, anda juga bisa menikmati buah Rambutan dan Alpukat. Dua jenis buah-buahan ini banyak dijumpai di Wonosalam saat ini.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6118 seconds (0.1#10.140)