16 Lukisan H Widayat dikembalikan

Rabu, 06 Februari 2013 - 01:41 WIB
16 Lukisan H Widayat dikembalikan
16 Lukisan H Widayat dikembalikan
A A A
Sindonews.com - Polres Kabupaten Magelang kembali berhasil mengembalikan 16 lukisan Museum H Widayat yang sempat dikabarkan hilang diambil sejumlah ahli warisnya.

Kasat Reskrim Polres Kabupaten Magelang, AKP Saprodin mengatakan, 16 lukisan tersebut diambil dari Wicaksono Adi, salah satu ahli waris H Widayat.

”Ada tambahan lagi 16 lukisan yang diamankan dan sekarang sudah ada di museum,” katanya, Selasa 5 Februari 2013.

Wicaksono Adi merupakan anak pertama dari istri kedua H Widayat, Hj Soemini. Dia selama ini tinggal di Jogjakarta.

”Tapi lukisan-lukisan itu kita ambil di Semarang. Sudah dibawa ke Semarang oleh yang bersangkutan,” lanjut Saprodin.

Polisi menilai Wicaksono Adi terkesan menyembunyikan lukisan tersebut, bukan mengamankan seperti yang diungkapkan selama ini.

”Tapi kita apresiasi dia akhirnya kooperatif dengan kami. Proses pengambilan (lukisan) juga tidak menemui kendala,” tambahnya.

Untuk selanjutnya, pihaknya juga akan terus melacak keberadaan lukisan lain yang masih dikuasai oleh sejumlah ahli waris H Widayat. Kemarin, pihaknya juga memeriksa Direktur PT H Widayat, Fajar Purnomo Sidi untuk mengklarifikasi lukisan yang baru ditemukan.

”Kita juga menggali informasi terkait kemungkinan-kemungkinan keberadaan lukisan lainnya milik H Widayat,” terang Saprodin.

Direktur Muesum H Widayat, Fajar Purnomo Sidi mengatakan meski sejumlah lukisan sudah dikembalikan. pihaknya belum mencabut laporannya kepada pihak kepolisian. Menurutnya, tindakan mengambil satu buah lukisan pun menurutnya termasuk tindakan kriminal.

”Lukisan yang diambil ini milik yayasan yang tidak bisa diperjualbelikan. Saya hanya berharap semua bisa kembali,” tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7909 seconds (0.1#10.140)