Tiga desa jadi Desa Wisata 2013

Kamis, 31 Januari 2013 - 14:46 WIB
Tiga desa jadi Desa Wisata 2013
Tiga desa jadi Desa Wisata 2013
A A A
Sindonews.com - Setelah melalaui penilaian dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel), akhirnya tiga desa di Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ditetapkan menjadi desa wisata 2013.

Tiga desa itu yakni, kelurahan Lemo di kecamatan Makale Utara, kelurahan Tarongko di kecamatan Makale dan desa Tapparan di kecamatan Rantetayo. Untuk Desa Lemo, ini adalah tahun ketiga kawasannya ditetapkan sebagai desa wisata.

“Tahun ini, untuk ketiga kalinya, kelurahan Lemo ditetapkan menjadi desa wisata bersama kelurahan Tarongko dan desa Tapparan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tana Toraja, Jidon Sitohang kepada SINDO di Makale, Kamis(31/1/2013).

Satu kelurahan/desa dimungkinkan tiga kali berturut-turut menjadi desa wisata jika dinilai layak oleh tim penilai. Salah satu penilaian desa wisata karena dinilai memiliki produk unggulan seperti objek wisata, adat istiadat budaya, kelompok sadar wisata, dan industri pariwisata.

Desa wisata akan mendapatkan dana bantuan dari pemerintah pusat melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) wisata mandiri. Desa wisata Lemo memperoleh dana bantuan PNPM wisata mandiri senilai Rp100 juta, desa wisata Tarongko dan Tapparan mendapat dana bantuan masing-masing Rp75 juta.

70 persen dana bantuan diperuntukkan untuk kegiatan fisik dan 30 persen diperuntukkan untuk kegiatan non fisik bagi para kelompok sadar wisata.

“Bentuk kegiatan fisik dan non fisik PNPM wisata mandiri ditentukan langsung oleh masyarakat setempat melalui musyawarah sesuai kebutuhan masing-masing desa wisata,” ujar Jidon.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3602 seconds (0.1#10.140)