Resi Gudang di Pemkab Jember disorot dewan

Rabu, 23 Januari 2013 - 19:04 WIB
Resi Gudang di Pemkab Jember disorot dewan
Resi Gudang di Pemkab Jember disorot dewan
A A A
Sindonews.com - Proyek pengerjaan Gudang, Fasilitasi dan Peralatan Penunjangnya dalam kerangka Sistem Resi Gudang (SRG) senilai Rp5,6 miliar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Jember diduga molor dari kesepakatan kontrak.

Resi Gudang yang dibangun di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung itu diduga wan prestasi karena sesuai kontrak mestinya selesai akhir Desember 2012. Namun ternyata pengerjaan proyek itu molor sampai Januari 2013 ini.

Resi Gudang ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat yang kemudian disalurkan lewat APBD Jember 2012.

Ketua Komisi B DPRD Anang Murwanto mengatakan, berdasarkan kunjungannya akhir Desember lalu yang dilakukan anggota dewan, pembangunan fisik gudang sudah selesai dan tinggal pemasangan sejumlah perangkat mesin didalamnya.

"Apabila tidak rampung hingga akhir tahun anggaran, dana proyek tidak dicairkan sepenuhnya dan harus diberlakukan pinalty berupa sanksi denda kepada rekanan yang mengerjakan proyek tersebut," kata Anang Murwanto, Rabu (23/1/2013).

Rekanan proyek ini yakni PT Gunung Kelabat Citra Abadi yang menawar lebih rendah Rp 61 juta dari nilai pagu paket pelelangan.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Achmad Sudiyono ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menyetop sejak tanggal jatuh kontrak dengan nilai yang sudah di nilai oleh tim pengawas proyek dan dibayar hanya sebatas apa yang dinilai pada saat jatuh kontrak.

"Nah rekanan bermaksud menyelesaikan yang kurang dengan pernyataan sendiri bermaterai. Untungnya mereka tidak minta ganti pemerintah, sehingga pemerintah di untungkan karena bayarnya tidak 100 persen," kata Achmad Sudiyono.

Dia menambahkan, pihaknya berusaha transparan dalam pengerjaan proyek itu dan melihat kuncinya di SPPD pencairan yang dapat dilihat di Kasda atau Bank Jatim dan bisa di akses di internet.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8701 seconds (0.1#10.140)