Gus Ipul harap dukungan PKB

Senin, 21 Januari 2013 - 22:29 WIB
Gus Ipul harap dukungan PKB
Gus Ipul harap dukungan PKB
A A A
Sindonews.com - Sejumlah partai politik (Parpol) sudah didekati oleh pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (KarSa) untuk dukungan saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2013. Bahkan, Gus Ipul (sapaan Saifullah Yusuf) mengaku intens berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Dengan PKB kita lakukan komunikasi secara terus-menerus. Komunikasi itu untuk mendapat dukungan dari PKB. Kita memang ingin mendapat dukungan dari PKB," tandas Gus Ipul di Gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Senin (21/1/2013).

Komunikasi tersebut dalam bentuk lamaran yang diajukan melalui DPW PKB Jatim. Meski demikian komunikasi yang dilakukan oleh Gus Ipul ke PKB tidak dalam secara formal.

"Pengajuan tidak usah secara formal dulu. Tapi terus mendekatinya. Kami ingin KarSa Jilid II ini solid didukung oleh rakyat dan Parlemen," tandasnya.

Salah satu Ketua PBNU ini mengatakan, ibarat orang menikah tentu harus ada kata-kata yang disampaikan tidak langsung disampaikan surat nikah. Sama halnya dengan komukasi politik untuk memperoleh dukungan pastinya ada kata-kata yang disampaikan.

"Pada intinya kami memang ingin mendapat dukungan dari PKB, pendekatannya melalui DPW PKB Jatim dan juga parpol-parpol lainnya," tandasnya.

Tujuan berkomunikasi itu adalah menyamakan frekuensi. Sebab, komunikasi itu tidak harus berada di satu barisan. "Di manapun tempatnya asal nyambung," katanya.

Selain itu, Gus Ipul juga mengaku menjalin komunikasi dengan PDIP. Meski PDIP telah menyatakan akan mengusung kader sendiri, namun komunikasi itu tetap dilakukan. Menurut Gus Ipul, PDIP selama ini memang banyak membantu KarSa.

"Sumbangsih PDIP terhadap pemerintahan KarSa sangat banyak. Maka kami tetap berkomikasi dengan PDIP," ujarnya.

Disinggung soal deklarasi KarSa Jilid II ini, mantan Ketua Umum GP Ansor itu menyebut KarSa tidak perlu ada deklarasi melainkan hanya pemantapan pencalonan lagi. Teknisnya, saat ini masih dalam pembahasan. Secara garis besar, Gus Ipul memaparkan, konsep tersebut akan dilakukan di sejumlah daerah bersama elemen-elemen masyarakat.

"Nanti akan dilakukan di sejumlah daerah. Bisa dengan masyarakat petani, Masyarakat Desa Hutan, Buruh dan lain-lain. Sedangkan untuk Tanggal 9 Februari bukan deklarasi melainkan perayaan hari ulang tahun pemerintahan KarSa," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah partai sudah menyatakan dukungan terhadap pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf. Beberapa parpol tersebut adalah Partai Hanura, Golkar, PAN, PKS dan 22 Parpol non Parlemen.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8811 seconds (0.1#10.140)