Minat baca warga Tana Toraja masih minim

Jum'at, 18 Januari 2013 - 15:42 WIB
Minat baca warga Tana...
Minat baca warga Tana Toraja masih minim
A A A
Sindonews.com - Minat baca masyarakat di Tanah Toraja tampaknya masih minim. Ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan warga ke Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) Tana Toraja yang hanya 30 orang sehari.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Tana Toraja, Benyamin Bara mengakui, pengunjung yang datang membaca buku di perpustakaan daerah rata-rata 30 orang per hari. Sebagian besar pengunjung berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Dari rata-rata 30 orang yang datang mengunjungi perpustakaan daerah, tidak sampai 10 persen pengunjung dari kalangan masyarakat umum dan instansi pemerintah,” kata Benyamin kepada SINDO di Makale, Jumat(18/1/2013).

Padahal, lanjutnya, koleksi buku di perpustakaan cukup banyak. Hingga saat ini, perpustakaan daerah Tana Toraja memiliki tidak kurang dari 4000 judul buku baik jenis buku pelajaran sekolah hingga buku pengetahuan umum.

Pihak pengelolah perpustkaan juga sudah menempuh berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung datang ke perpustkaan. Salah satunya, menyediakan jasa internet di kantor perpustkaan serta mengoperasikan mobil perpustakaan keliling dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kami berharap pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja memberikan tambahan tenaga untuk perpustakaan keliling dan operator sehingga pengunjung perpustakaan bisa mendapat pelayanan yang lebih maksimal,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)