Partai mulai ajukan Cagub Kaltim ke DPP

Rabu, 16 Januari 2013 - 14:16 WIB
Partai mulai ajukan...
Partai mulai ajukan Cagub Kaltim ke DPP
A A A
Sindonews.com - Kendati ada pengunduran jadwal Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim) sejumlah partai sudah mengantongi nama yang akan mereka usung. Namun partai politik tersebut masih menunggu pengesahan dari dewan pimpinan pusat (DPP).

Sementara ini, peta politik di Kaltim, cagub yang paling kuat adalah calon incumben yakni Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Bahkan Awang sudang mendeklarasikan pencalonannya yang berpasangan dengan Mukmin Faisal dan diusung Partai Golkar.

Nama lain yang muncul adalah Rektor Universitas Pertahanan Mayjend Subekti, mantan walikota Balikpapan Imdaad Hamid, Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdi dan lainnya. Selain Golkar, partai lain belum menentukan calon mereka karena masih proses verifikasi.

“Pendaftaran sudah selesai, kami menyerahkan daftar nama yang lolos verifikasi awal ke dewan pimpinan pusat. Nanti di sana yang menentukan calon dari partai kami,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Kaltim, Dwiyanto Purnomosidhi, Rabu (16/1/2013).

Tidak hanya PAN yang menunggu pengesahan tingkat pusat, sejumlah partai lain seperti PDI Perjuangan, Demokrat dan PPP juga menunggu hal serupa.
Hanya PPP yang sudah menyatakan siap mendukung Farid Wajdy untuk maju meski belum jelas akan berkoalisi dengan siapa. Sebab hanya Golkar yang bisa mengusung sendiri calonnya, sementara partai lain harus berkoalisi untuk memenuhi kuota perolehan kursi.

“Kami dari PPP sudah mengusung Farid Wajdy. Pasangannya masih kami komunikasikan dengan partai lain. Komunikasi tersebut juga menyangkut posisi Farid sendiri, apakah menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur,” kata Sekretaris Lajnah Pemenangan Pemilu DPW PPP Kaltim Herman A Hasan.

Partai-partai ini masih belum jelas kapan mengumumkan calonnya. Bahkan nama dari calon non partai pun tak terdengar. Namun kebanyakan partai meyakini paling lambat pada Februari 2013 nanti sudah mengumumkan calonnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5645 seconds (0.1#10.140)