Pemkab Polewali akan gelontorkan bantuan bencana

Selasa, 15 Januari 2013 - 23:22 WIB
Pemkab Polewali akan gelontorkan bantuan bencana
Pemkab Polewali akan gelontorkan bantuan bencana
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) menyalurkan bantuan perbaikan rumah kepada korban bencana angin kencang dan puting beliung.

Bupati Polman, Ali Baal Masdar, dalam pertemuan terkait penanganan korban pasca bencana, menjelaskan bantuan untuk perbaikan rumah kategori rusak total akan diberikan sebesar Rp5 Juta, rusak berat direncanakan Rp3 Juta, rusak ringan Rp2 Juta, dan rusak ringan sedang (RRS) sebesar Rp1 Juta.

Karena itu, agar bantuan tersebut bisa segera direalisasikan, ia meminta kepada para camat untuk segera merampungkan verifikasi kembali data rumah yang rusak sesuai dengan kategori kerusakan.

“Verifikasi ini penting agar bantuan yang diberikan nantinya tidak salah sasaran,” jelas Ali Baal di kantornya, Selasa (15/1/2013).

Pada kesempatan itu, Ali Baal juga menekankan camat betul-betul memantau kondisi yang sebenarnya dan melaporkan sesuai fakta lapangan.

Selain bantuan berupa uang, bupati dua periode ini juga meminta kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk memanfaatkan kayu yang tidak bertuan untuk disalurkan kepada para korban bencana. Ia juga meminta kepada Disdikpora untuk mengamankan atap seng bekas bongkaran sekolah untuk diberikan kepada korban.

“Paling tidak dengan apa yang ada ini, bisa meringankan beban para korban bencana,”jelasnya.

Terpisah, Kepala BPBD Polman, Jalil Kambas menyebutkan, dalam ketentuan praturan bupati soal bantuan untuk kategori Rusak Berat (RB), mendapatkan Rp2 Juta, Rusak Sedang (RS) Rp1 Juta, Rusak Ringan (RR) Rp500 Ribu dan Rusak Ringan Sedang (RRS) Rp250 Ribu.

Secara keseluruhan, data terakhir, peristiwa angin kencang yang disertai puting beliung itu mengakibatkan 2.416 rumah rusak yang tersebar di 12 kecamatan.

Rinciannya, 154 rusak berat, 423 rusak sedang, 1.338 rusak ringan, 501 rusak ringan sedang. Data tersebut masih akan diverifikasi sebelum akhirnya bantuan yang dijanjikan oleh Pemkab Polman disalurkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9297 seconds (0.1#10.140)