Ayam mati mendadak, dinas lakukan penyemprotan masal

Senin, 14 Januari 2013 - 15:56 WIB
Ayam mati mendadak, dinas lakukan penyemprotan masal
Ayam mati mendadak, dinas lakukan penyemprotan masal
A A A
Sindonews.com - Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Jombang akhirnya mengirimkan tim untuk melakukan penyemprotan masal di lokasi matinya ratusan ekor ayam milik warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan Disnak Jombang, dipastikan ratusan ekor ayam tersebut mati bukan karena virus flu burung tetapi akibat virus newcastle desease (nd/tetelo).

Sejak Senin (14/1/2013) sejumlah petugas mendatangi rumah-rumah warga yang memelihara ayam di Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro. Petugas langsung memeriksa kondisi ayam warga satu persatu.

Dalam pemeriksaan ini petugas menemukan ratusan ekor ayam warga terserang virus newcastle desease (nd) atau tetelo yang di tandai dengan lehernya bengkok lalu ayamnya menggelepar dan mati.

Meski kasus ini membuat warga resah dan menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah, namun petugas meminta warga tidak perlu takut dengan virus tersebut. Karena virus newcastle desease (nd) atau tetelo tidak berbahaya bagi manusia.

Seperti di beritakan sebelumnya, dalam satu pekan terakhir ratusan ekor ayam buras atau ayam kampung milik warga di Desa Genukwatu mati secara mendadak.

Warga cemas ayam-ayam mereka terserang virus flu burung, apalagi kematian ayam-ayam tersebut terus berlangsung hingga sekarang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9746 seconds (0.1#10.140)