Puluhan rumah hancur dihantam gelombang laut

Senin, 14 Januari 2013 - 00:57 WIB
Puluhan rumah hancur dihantam gelombang laut
Puluhan rumah hancur dihantam gelombang laut
A A A
Sindonews.com - Akibat dihantam gelombang laut selama sepekan, puluhan rumah warga di pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel roboh. Seluruh warga yang rumahnya hancur terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih aman.

Berdasarkan pantauan di lokasi bencana, di Desa Pa’lalakkang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, hampir seluruh rumah warga yang tinggal dibibir pantai roboh. Bahkan ada diantara rumah warga yang rata dengan tanah, akibat disapu gelombang laut.

Menurut Gunawan seorang warga, sudah dua puluh lebih rumah hancur dan roboh akibat terjangan ombak. Hantaman gelombang laut tak hanya merobohkan rumah warga, akan tetapi juga sudah mengikis sekitar dua puluh meter pemukiman warga selama sepekan ini, yang terkena abrasi.

Bahkan, tanggul pemecah ombak yang dibangun tahun lalu, hancur akibat tingginya terjangan ombak di wilayah pesisir tersebut. Seluruh warga merasa ketakutan akibat cuaca ekstrem tersebut, terutama pada malam hari. Karena ketinggian ombak mencapai 5 meter yang menghantam pemukiman warga.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena seluruh warga yang tinggal di bibir pantai cepat mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih aman.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari BMKG Makassar, gelombang laut di perairan Makassar dalam beberapa waktu terakhir mencapai tiga sampai enam meter, dari permukaan laut. Seluruh warga juga diminta waspada terhadap cuaca ekstrem, yang melanda Selat Makassar.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3840 seconds (0.1#10.140)