Mahasiswa tuntut Kajari Malang diganti

Rabu, 09 Januari 2013 - 13:10 WIB
Mahasiswa tuntut Kajari Malang diganti
Mahasiswa tuntut Kajari Malang diganti
A A A
Sindonews.com - Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Komite Mahasiswa Anti Mafia Hukum (Kommah) berunjukrasa di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kajari) Malang, di Jalan Simpang Panji Suroso 5, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Massa menuntut kasus-kasus besar selama tahun 2012 yang ditangani Kajari Malang segera dituntaskan. Hal itu dilakukan karena menurut mereka banyak kasus-kasus korupsi yang ditangani belum tuntas.

"Sebaiknya Kajari mundur dari jabatannya jika tidak mampu menyelesaikan kasus korupsi di Malang," kata Koordinator Aksi, Wawan Eka, di Kajari Malang, Rabu (9/1/2013).

Menurut Wawan, banyaknya kasus korupsi yang belum tuntas disinyalir karena ada interfensi dari mafia hukum dan makelar kasus.

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa aksi yang berjumlah sekira 30 mahasiswa ini sebelumnya hanya melakukan orasi di depan pagar Kantor Kajari Malang. Mereka memaksa masuk ke halaman kantor.

Massa sempat melakukan aksi dorong pagar dengan petugas kepolisian sehingga membuat pagar besi hampir copot. Mereka akhirnya dipersilakan masuk ke halaman kantor untuk melakukan orasinya.

Seorang orator aksi Awing menegaskan, di antara kasus korupsi besar yang hingga kini belum tuntas adalah kasus korupsi di UIN Maliki Malang yang hingga kini masih belum jelas.

Aksi massa sempat ricuh di dalam halaman Kantor Kajari Malang. Massa saling dorong dengan petugas kepolisian karena memaksa masuk ke dalam kantor lantaran tidak ditemui satupun pejabat kejaksaan.

Setelah tiga kali gagal menembus masuk ke dalam kantor, mereka akhirnya membubarkan diri dan menuju Kantor Pengadilan Negeri Malang untuk menyuarakan tuntutan yang sama.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6731 seconds (0.1#10.140)