Entas kemiskinan, DIY bantu Kulonprogo

Senin, 07 Januari 2013 - 01:08 WIB
Entas kemiskinan, DIY...
Entas kemiskinan, DIY bantu Kulonprogo
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Kulonprogo menerima bantuan Rp476 juta dari Pemerintah daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta 9DIY). Dana itu diberikan untuk mengentaskan 625 kepala keluarga miskin di Desa Hargowilis, Kokap yang tergabung dalam 38 kelompok.

Selain itu, Kulonprogo juga menerima dana Corporat Social Responsibility dari Bank BPD DIY Rp100 juta.
"Dana ini tidak sedikit dan bukan dari pribadi Ngarso Dalem tetapi APBD DIY, setahun yang akan datang akan dilakukan evaluasi," kata Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Minggu 6 Januari 2013.

Hasto mengatakan, mekanisme penyerahan bantuan dari Pemda DIY akan langsung diberikan kepada kelompok sesuai usulan. Langkah ini, ditempuh agar bantuan tidak kembali gagal seperti bantuan kambing beberapa tahun silam.

"Berdasarkan usulan kelompok mengusulkan usaha ayam buras dan pisang. Bibit pun mencari sendiri dengan arahan dari instansi terkait. Pemda DIY hanya mentransfer uang ke rekening masing-masing bendahara kelompok dan minggu depan direncanakan telah cair," kata Hasto.

Hasto meminta agar bantuan yang diberikan kepada masyarakat dimanfaatkan secara optimal agar tidak gagal lagi.

"Saya minta usaha yang akan dilakukan fokus hanya itu saja jangan ganti-ganti," kata Hasto.

Sementara itu, Kepala Desa Hargowilis Dalijan berharap, bantuan dana akan mewujudkan impian warganya yang 29 persen miskin menjadi kenyataan untuk bebas dari kemiskinan. Menurut Dalijan, kemiskinan yang tinggi di wilayahnya antara lain karena SDM yang rendah, tidak adanya lapangan kerja yang laik.

Selain itu, juga ada pengaruh kemajuan teknologi, belum mampu menangkap peluang yang ada, sering terjadi bencana alam kekeringan di musim kemarau dan longsor di musim hujan. Faktor lainnya, 99 persen daerahnya terdiri dari perbukitan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8928 seconds (0.1#10.140)