Bojonegoro siaga satu banjir

Rabu, 02 Januari 2013 - 18:46 WIB
Bojonegoro siaga satu banjir
Bojonegoro siaga satu banjir
A A A
Sindonews.com – Wilayah Kabupaten Bojonegoro dinyatakan siaga satu banjir luapan Sungai Bengawan Solo. Air sungai terbesar di Pulau Jawa tersebut terus merambat naik.

Berdasarkan pantauan di papan duga ketinggian air Sungai Bengawan Solo di dekat Pasar Besar Bojonegoro menunjukkan, ketinggian air sungai pada pukul 06.00 WIB berada di kisaran 12.60 peilschaal di atas permukaan air laut.

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB ketinggian air sungai mencapai 12.80 peilschaal, pukul 12.00 WIB ketinggian air sungai mencapai 13.06 peilschaal dan hingga pukul 15.00 WIB ketinggian air Sungai Bengawan Solo berada di kisaran 13.23 peilschaal.

Status siaga satu diberlakukan bila ketinggian air Sungai Bengawan Solo di wilayah Kota Bojonegoro berada di atas 13.00 peilschaal.

Menurut Sudarmo (56) warga Desa Ngablak, Kecamatan Dander, air Sungai Bengawan Solo terlihat terus merambat naik. Kondisi demikian membuat warga yang tinggal di dekat sungai khawatir akan terjadinya luapan.

“Kami mulai siap-siap mengungsi bila terjadi banjir luapan sungai,” ujar Sudarmo yang rumahnya hanya berjarak 50 meter dari bibir Sungai Bengawan Solo tersebut, Rabu (2/1/2013).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bojonegoro, Budi Mulyono, menyatakan, air Sungai Bengawan Solo trennya terus merambat naik. Hal itu disebabkan adanya kiriman air dari daerah hulu yakni Ngawi dan Madiun serta kiriman air dari anak-anak sungai di wilayah Bojonegoro.

Ia menyatakan, pihaknya kini memantau ketinggian air Sungai Bengawan Solo setiap tiga jam sekali. Karena wilayah Bojonegoro sudah dinyatakan siaga satu banjir, maka warga yang tinggal di dekat sungai diimbau agar lebih waspada.

Wilayah yang dinyatakan rawan banjir luapan Sungai Bengawan Solo yakni Kecamatan Dander, Bojonegoro, Malo, Kanor, Balen, Kalitidu, Kapas, dan Baureno. Wilayah kecamatan tersebut dilewati aliran Sungai Bengawan Solo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9113 seconds (0.1#10.140)
pixels