Belanja hibah Kota Batu capai Rp58 M

Minggu, 02 Desember 2012 - 22:13 WIB
Belanja hibah Kota Batu capai Rp58 M
Belanja hibah Kota Batu capai Rp58 M
A A A
Sindonews.com - Anggota Badan Anggaran (Bangar), DPRD Kota Batu Sugeng Minto Basuki menegaskan, tahun depan kekuatan APBD Kota Batu diperkirakan mencapai Rp597 miliar. Demi kesejahteraan masyarakat, Kota Batu menyiapkan dana hibang sebesar Rp58 miliar.

Menurut politikus dari PAN ini, sejak lima tahun lalu. Pemkot Batu dan DPRD Kota Batu berusaha mempertahankan pembagian APBD Kota Batu diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat.

Perbandingan pembagian APBD Kota Batu adalah 40 persen untuk membiayai gaji pegawai dan kegiatan operasional pemerintahan. Sisanya untuk belanja langsung atau untuk membiayai semua jenis kegiatan pemerintah yang terkait dengan kemasyarakatan.

“Tahun depan untuk belanja tidak langsung kita anggarkan Rp244 miliar. Sisanya yang Rp353 miliar untuk membiayai kegiatan belanja langsung. Khusus untuk dana hibah bagi masyarakat kita persiapkan anggaran Rp58 miliar,” urai Sugeng Minto Basuki ketika dihubungi, Minggu (2/11/2012).

Diterangkan, pembagian porsi APBD Kota Batu ini dianggap ideal. Karena dibeberapa daerah pembagian keuangan daerah. Selalu lebih tinggi untuk membiayai belanja aparatur pemerintah.

“Sekarang tinggal Wali Kota Batu dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) apakah mampu melaksanakan program pembangunannya atau tidak. Dan usulan kita, semua jenis proyek fisik yang terkait dengan hajat hidup orang banyak. Harus dikerjakan lebih awal. Agar pembangunannya bisa segera dirasakan manfaatnya oleh umum,” ucap dia.

Diterangkan, tahun depan sesuai hasil pembicaraan awal dengan wali kota. Tetap akan memperioritaskan penyelesaian tiga proyek besar. Yaitu penuntasan pembangunan gedung block office tahap kedua dengan total biaya Rp40-50 miliar

Membangun jalan lingkar barat denga total biaya Rp20 miliar. Serta menyelesaikan pembangunan Pasar Batu yang melibatkan pihak investor.

“Tahun depan adalah tahun pemantapan bagi Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Jadi semua program pembangunan harus membawa manfaat bagi masyarakat,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5835 seconds (0.1#10.140)