Derita kanker rahim, warga miskin butuh bantuan

Rabu, 28 November 2012 - 22:04 WIB
Derita kanker rahim, warga miskin butuh bantuan
Derita kanker rahim, warga miskin butuh bantuan
A A A
Sindonews.com - Dua warga miskin yang mengidap penyakit kanker rahim, Herlina (26) dan Evi (35) yang beralamatkan Jl Taqwa Lingkungan Pasareng Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur, Sulawesi Selatan membutuhkan biaya operasi untuk kesembuhannya.

Meski keduanya mengantongi kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dari pemerintah setempat namun mereka dipusingkan dengan biaya operasi yang mencapai jutaan rupiah.

Seperti yang dialami Herlina (26) yang mengidap kanker rahim sejak 7 tahun lamanya. Dia menjelaskan bahwa penyakit yang dialaminya semakin hari semakin membesar dan terasa sakit jika duduk terlalu lama.

Mengenai biaya operasi, Herlina yang berasal dari keluarga miskin tak bisa mengandalkan dari penghasilan suaminya yang hanya seorang penarik ojek motor.

"Saya berharap sekali sembuh pak, pernah saya ke dokter satu tahun lalu memeriksakan penyakit saya, kata dokter saya mengalami penyakit kista yang bersarang di bagian dinding rahim saya," kata Herlina di rumahnya, Rabu (28/11/2012).

Lebih parah lagi, Evi (35) perutnya membuncit. Warga yang berprofesi sebagai pencuci pakaian ini pasrah dengan penyakit yang dialaminya sejak beberapa tahun lalu. Keluhan Evi sama dengan Herlina yang juga tak memiliki biaya untuk operasinya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bajoe, Hj Nurbaya, saat dihubungi mengaku belum menerima informasi tersebut. Dua warga yang mengidap kanker rahim tersebut tidak terpantau oleh petugas puskesmas.

Padahal program pelayanan terpadu yang dilakukannya rutin itu hampir menyentuh kepada semua masyarakat yang membutuhkan pengobatan secara gratis.

"Saya akan cek warga itu. Semestinya dia juga melaporkan dirinya jika mengalami kendala biaya karena kami akan memfasilitasinya," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1995 seconds (0.1#10.140)