Tandon air Sabrang Bendo belum berfungsi

Jum'at, 23 November 2012 - 09:27 WIB
Tandon air Sabrang Bendo belum berfungsi
Tandon air Sabrang Bendo belum berfungsi
A A A
Sindonews.com - Pembangunan tandon air di Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji belum bisa difungsikan karena belum dialiri air bersih. Sedianya ada 400 kepala keluarga (KK) yang menunggu tandon tersebut berfungsi.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batu Bambang Kuncoro menjelaskan, tahun 2012 ini pemerintah membangun dua tandon air untuk masyarakat. Lokasinya di Dusun Celaket, Desa Gunungsari dan Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno.

“Untuk tandon air di Desa Gunungsari sudah difungsikan. Warga Dusun Claket sudah bisa memanfaatkan air bersih yang kita ambil dari Dusun Brau. Sebaliknya tandon air di Dusun Sabrang Bendo masih menunggu persetujuan dari warga Desa Bumiaji dan Bulukerto. Karena rencananya airnya mengambil dari dua desa itu,” ujar Bambang di Kota BAtu, Jumat (23/11/2012).

Proyek pembangunan tandon air di Dusun Sabrang Bendo belum bisa dikategorikan proyek gagal. Karena hingga kini pemerintah bersama tokoh masyarakat dan Kades Desa Giripurno Darmaji, berusaha mendekati masyarakat Desa Bumiaji dan Bulukerto agar mau membagi sebagian air bersihnya untuk penduduk Dusun Sabrang Bendo.

“Dua tandon air yang kita bangun menggunakan dana dari APBD Kota Batu tahun 2012. Totalnya hampir Rp300 juta. Untuk saat ini status kedua proyek tandon air itu dalam masa perawatan dari pihak rekanan Pemkot Batu,” urainya.

Arif Nugroho, koordinator Forum Masyarakat Peduli Sumber Mata Air (FMPSMA) Desa Bulukerto menyatakan, warga Desa Bulukerto sebenarnya tidak memiliki hak untuk menolak usulan yang disampaikan Kades Giripurno.

Asalkan pemerintah sudah melakukan pengkajian tentang debit sumber mata air Gemulo.

“Kita tidak mau dibenturkan dengan saudara kita di Desa Giripurno. Tapi cobalah pemerintah mengerti. Berapa besar debit sumber mata air Gemulo. Sebaiknya dihitung dulu sebelum memutuskan untuk menyedot sumber mata air Gemulo untuk warga Dusun Sabrang Bendo,” ujar Nugroho.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9460 seconds (0.1#10.140)