DPRD Batu ajukan 3 Raperda inisiatif

Sabtu, 17 November 2012 - 03:26 WIB
DPRD Batu ajukan 3 Raperda inisiatif
DPRD Batu ajukan 3 Raperda inisiatif
A A A
Sindonews.com - Akhir tahun 2012, anggota DPRD Kota Batu ngebut menyelesaikan tiga raperda inisiatif tentang perlindungan pertanian, perlindungan investasi, dan perlindungan jaminan sosial.

Anggota badan legeslatif (Banleg) DPRD Kota Batu, Simon Purwoali menyatakan, tiga raperda inisiatif sudah diajukan ke pemerintah. Kini tinggal menunggu persetujuan dari Wali Kota Batu.

"Kalau pola pikir pemerintah sama dengan anggota dewan pasti menyetujui tiga raperda inisiatif yang kita ajukan. Karena tujuan akhirnya adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat. Baik dibidang pertanian, investasi dan jaminan sosial," urai Simon, Jumat (16/11/2012).

Raperda perlindungan pertanian, isinya adalah memberikan jaminan dan kepastian, wilayah Kecamatan Junrejo dan Bumiaji tetap dipertahankan menjadi kawasan pertanian.

Kedua, memberikan jaminan tentang kepastian harga produk pertanian. Misalkan bulan ini puncak musim panen wortel dan tomat.

Waktu puncak musim panen, harga wortel dan tomat murah misalkan hanya Rp500 per kg-nya. Maka tugas pemerintah adalah mengadvokasi petani.

Caranya pemerintah harus mencarikan pemodal agar mau membeli tomat dan wortel lebih mahal dari harga pasar.

"Intinya pemerintah harus menjamin harga produk pertanian tetap stabil. Dan perda perlindungan pertanian itu, juga memberikan jaminan bahwa petani tidak akan kesulitan lagi mendapatkan pupuk dan obat-obatan," tandasnya.

Kemudian Raperda perlindungan investasi, tujuannya memberikan kepastian hukum. Bahwa pemerintah harus sanggup memberikan perlindungan keselamatan usaha dari para investor.

Lalu Raperda perlindungan sosial, tujuan yang dicapai dari raperda ini adalah memberikan kepastian hukum bagi anak jalanan (anjal), tuna wisma dan penyandang cacat.

Selama ini Satpol PP bersama kepolisian sering merazia anjal dan tuna wisma. Sayangnya setelah terkena razia, pemerintah bingung sendiri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7954 seconds (0.1#10.140)