DIY gelontorkan beasiswa Rp470 juta

Selasa, 09 Oktober 2012 - 18:53 WIB
DIY gelontorkan beasiswa Rp470 juta
DIY gelontorkan beasiswa Rp470 juta
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tahun ini mengelontorkan beasiswa prestasi mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi (PT).

Jumlah beasiswa yang diberikan Rp470 juta berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2012.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, pemberian beasiswa ini wujud kepedulian terhadap siswa berprestasi, sekaligus untuk mendukung Yogyakarta sebagai kota pendidikan.

“Pemberian beasiswa ini juga sebagai salah satu bentuk hadiah bagi masyarakat dalam rangka HUT Kota Yogyakarta,” ucapnya, saat menyerahkan beasiswa prestasi di Balai Kota, Yogyakarta, Selasa (9/10/2012).

Karena itu, kepada penerima beasiswa, diharapkan terus meningkatkan prestasi, termasuk menghindari narkoba dan tawuran. "Sehingga nantinya dapat menjadi generasi yang unggul dan menjadi kebanggaan bersama," tandasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Yogyakarta Budi Asrori Santosa mengatakan, tahun ini jumlah siswa dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa prestasi ada 655 orang.

Mereka yang menerima beasiswa merupakan siswa yang menduduki peringkat I dan II untuk hasil ujian nasional (UN) di setiap kelurahan, baik pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) maupun non KMS.

“Sedangkan untuk jenjang perguruan tinggi, selain berprestasi juga hanya yang pemegang KMS,” kata Budi di sela-sela pemberian beasiswa prestasi.

Besarnya beasiswa untuk tingkat SD/MI peringkat I Rp700 ribu dan peringkat II Rp500 ribu, SMP peringkat I Rp800 ribu, peringkat II Rp600 ribu, SMA juara I Rp900 ribu dan juara II Rp700 ribu rupiah, SMK juara I Rp1 juta, juara II Rp800 ribu. Sedangkan untuk PT, yang kuliah dalam kota Rp3 juta dan kuliah di luar kota Rp3,5 juta.

“Untuk mahasiswa, sebenarnya Pemkot hanya memberikan tambahan beasiswa, sebab mereka sudah mendapatkan beasiswa prestasi dari pihak lain,” tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8500 seconds (0.1#10.140)