Gebyar Dirgantara, ratusan siswa serbu Lanud Wiriadinata

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 19:42 WIB
Gebyar Dirgantara, ratusan siswa serbu Lanud Wiriadinata
Gebyar Dirgantara, ratusan siswa serbu Lanud Wiriadinata
A A A
Sindonews.com – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Tasikmalaya mendatangi Lanud Wiriadinata di Jalan Letkol Basir Surya, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain hendak menyaksikan atraksi dan pameran pesawat yang digelar, para siswa diberikan tugas oleh gurunya untuk melakukan wawancara mengenai pesawat-pesawat tersebut dan melaporkannya saat masuk sekolah.

Nampak sejumlah siswa yang dibagi per kelompok itu mendatangi satu persatu pesawat dan bertanya kepada petugas yang berjaga dari Anggota TNI AU Lanud Wiriadinata, mereka bertanya dari mulai nama pesawat, jenis, keunggulannya, tahun pembuatan, asal negara pesawat itu dibeli, hingga kegunaan dalam perang jika dibutuhkan. Semua itu dilakukan dengan teknik wawancara, serta beberapa di antaranya tampak malah ada pula yang justru berfoto bersama.

“Kami memang mendapat tugas dari sekolah, nanti dibuatkan makalah laporan hasil kunjungan kesini. Tetapi memang sangat bagus buat pengetahuan hingga saya sendiri cukup tertarik untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai pesawat-pesawat ini, terlebih saat ditanya guru di sekolah mengenai cita-cita saya selalu menjawab ingin menjadi pilot. Namun ternyata tidaklah mudah dan hal itu mengartikan saya harus lebih giat lagi belajar,” ungkap Galih,11, siswa Sekolah Dasar (SD) Cibeureum menjelaskan, Sabtu (6/10/2012).

Lapangan Lanud Wiriadinata sejak pagi dimulai pukul 08.00 WIB nampak sudah dipadati ribuan warga dan siswa mulai tingkat TK hingga SD, SMP, dan SMA, untuk melihat acara yang baru pertamakalinya digelar di Tasikmalaya ini. Gebyar Dirgantara sendiri diisi dengan berbagai acara di antaranya, Static Show yang menampilkan berbagai pesawat diantaranya Helikopter Super Puma, Helikopter Puma, Helikopter Colibri, Cessna 172 AAU, Helikopter Bolkow, dan sebagainya, kemudian Dynamic Show yang menampilkan pesawat jupiter Aerobatic terbang lintas, Super Tucano terbang lintas, dan sebagainya, serta Jambore Otomotif, Offroad Chalange, hingga pemilihan putra putri dirgantara.

“Bukan hanya itu, para pengunjung yang bisa datang kesini secara gratis juga bisa menyaksikan pameran mengenai alutsista lainnya seperti panser anoa yang didatangkan dari PT Pindad, senjata yang dibawa dari Brigif 13 Galuh Tasikmalaya, hingga bazar dengan sejumlah stan mulai pakaian, dan sebagainya. Saya lihat antusiasme warga memang sangat tinggi, terbukti dengan terus menerus kendaraan masuk kesini sejak pagi hingga siang ini,” kata Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Indan Gilang Buldansyah.

Indan yang baru dilantik tiga pekan lalu ini menyebutkan, potensi olahraga kedirgantaraan di Tasikmalaya memang cukup tinggi dan terbukti dengan adanya atlet-atlet aeromodeling yang menjadi binaannya dan juga melakukan atraksi saat ini.

“Kami sengaja gelar juga termasuk pesawat trike dan paragliding, sehingga bukan tidak mungkin bisa menumbuhkan minat dari warga Tasikmalaya untuk menekuni olahraga kedirgantaraan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum yang datang ke lokasi menyebutkan, pameran kedirgantaraan itu diharapkan bisa terus menjadi agenda tahunan karena minat dari masyarakat Tasikmalaya diyakininya cukup tinggi.

“Kalau sebelumnya masyarakat merasa segan untuk masuk dan berinteraksi di sini, namun jika dengan adanya acara ini saya berkeyakinan minat untuk mendalami olahraga kedirgantaraan akan semakin muncul. Terlebih ada juga sekolah penerbang yang didirikan di sini, saya harap ada putra putri Tasikmalaya yang bisa masuk dan menjadi lulusannya,” ujar Uu.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3664 seconds (0.1#10.140)