Puluhan buruh PR Japfa geruduk Pemprov Jatim

Selasa, 02 Oktober 2012 - 09:27 WIB
Puluhan buruh PR Japfa geruduk Pemprov Jatim
Puluhan buruh PR Japfa geruduk Pemprov Jatim
A A A
Sindonews.com - Puluhan buruh PT Japfa Comfeed menagih janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, untuk memfasilitasi pertemuan buruh dengan pengusaha. Mereka mendesak, pemerintah provinsi membantu para buruh, mendapatkan hak-hak mereka.

Para buruh dari PT Japfa Comfeed yang didukung Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), mendatangi Gedung Negara Grahadi Senin sore. Mereka datang dari Sidoarjo, menuju Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Surabaya.

Dalam aksinya, mereka melakukan longmarch sekitar tiga puluh lima kilo meter menuju Gedung Negara Grahadi. Selama dalam perjalanan, para buruh melakukan orasi yang berisi tuntutan dan ketidakadilan yang mereka rasakan.

Menurut buruh, beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Syaifullah Yusuf, sempat menemui mereka. Melalui Syaifullah, pemerintah provinsi janji akan membantu buruh PT Japfa Comfeed, mendapatkan hak-haknya.

Salah satu tuntutan buruh adalah, pengangkatan semua karyawan outsourcing menjadi tetap. Mereka juga mendesak manajemen memekerjakan para karyawan yang telah dipecat.

Saat ini, seratus buruh PT Japfa Comfeed, sedang menggugat perusahaannya sendiri secara individual. Mereka mengaku tiba-tiba dialihkan menjadi karyawan outsourcing. Padahal, mereka bekerja pada bagian produksi, yang menjadi bisnis utama perusahaan.

Menurut undang-undang ketenagakerjaan, pekerja yang berada pada sektor utama perusahaan, harus berstatus karyawan tetap. Namun hal itu dilanggar oleh perusahaan dengan berbagai alasan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6949 seconds (0.1#10.140)