Dituduh miliki santet, Nursalam sumpah pocong

Minggu, 16 September 2012 - 14:06 WIB
Dituduh miliki santet, Nursalam sumpah pocong
Dituduh miliki santet, Nursalam sumpah pocong
A A A
Sindonews.com - Tudingan dukun santet kembali meresahkan warga di Pasuruan Jawa Timur. Kali ini menimpa Nursalam warga Desa Tambak Kecamatan Lekok, Pasuruan. Khawatir dengan keselamatan diri da keluarganya, Nursalam rela menjalani ritual sumpah pocong.

Ritual sumpah pocong yang dijalani Nursalam bermula dari tudingan warga sekitar yang meyakini kalau ia memiliki ilmu santet. Karena tetangganya yang pasangan suami istri diketahui sakit menahun dan dicurigai karena disantet Nursalam.

Setelah dibawa ke RSUD Bangil, ternyata Rusdi (34) dan Hamida (30) didiagnosa menderita sakit liver. Setelah menjalani perawatan, pasutri ini sembuh dan mulai melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun kesembuhan pasutri ini tak lantas menghentikan isu kepemilikan ilmu santet. Warga tetap resah dan terlanjur menganggap Nursalam adalah dukun santet.

Untuk mengembalikan nama baik sekaligus demi keselamatan diri dan keluarganya, akhirnya bapak empat anak ini rela menjalani prosesi sumpah pocong dibawah tatapan ribuan orang.

"Saya hanya ingin mengembalikan nama baik saya dan keluarga. Sekaligus ingin membuat para tetangga saya tenang kalau saya tidak memiliki ilmu santet," tegasnya, Minggu (16/9/2012) pagi.

Begitu prosesi sumpah pocong dimulai, ribuan orang berdesak-desakan memenuhi balai desa. Meski di larang panitia mereka nekat menerobos penjagaan petugas. Tak hanya itu mereka juga berusaha mendorong pagar balai desa ini.

Camat Lekok, Sundoro menyatakan kalau sumpah pocong tersebut atas permintaan sendiri dan bukan atas tekanan warga. "Nursalam meminta disumpah pocong karena dituduh menyantet tetangganya Rusdi (34) dan Hamida (30) karena menderita sakit-sakitan," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9394 seconds (0.1#10.140)