Operasional BRT Koridor II terkendala bus

Rabu, 05 September 2012 - 20:44 WIB
Operasional BRT Koridor II terkendala bus
Operasional BRT Koridor II terkendala bus
A A A
Sindonews.com – Bus rapid transit (BRT) Koridor II Semarang yang akan dioperasikan 1 Oktober 2012 mendatang tampaknya belum sepenuhnya siap. Menjelang operasional, baru 11 bus yang tersedia dari rencana 20 unit bus.

"Untuk launching nanti, kami baru mengoperasikan 11 bus," kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Terminal Mangkang yang membawahi BRT Trans Semarang, Bambang Kuntarso, Rabu (5/9/2012).

Bus tersebut berasal lima unit dari Damri, dan enam unit dari BLU UPDT Terminal Mangkang.

Rencananya, jumlah bus baru bisa memenuhi kuota pada 10 November 2012 mendatang. “Penyediaan bus yang masih kurang itu sedang dalam proses. Saat ini telah terbentuk konsorsium," lanjutnya.

Dijelaskannya, 20 bus BRT yang beroperasi tersebut akan diberangkatkan 10 dari Terminal Sisemut dan 10 lagi dari Terminal Terboyo.

Mengenai pembangunan shelter atau tempat menaikkan dan menurunkan penumpang Bus Rapit Transit (BRT) Koridor II, Bambang mengaku sempat terjadi pro-kontra dari masyarakat.

“Memang ada yang tidak sepakat karena dinilai mengganggu pandangan. Terutama mereka yang depan rumahnya kebetulan dibangun shelter. Sebagian lagi sangat sepakat karena ini akan mempermudah akses transportasi Terboyo-Ungaran,” paparnya.

Dari munculnya permasalahan itu, katanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tetap mendukung pembangunan 54 shelter.

Pengoperasian bus BRT ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan yang terjadi di jalur Terminal Terboyo-Terminal Sisemut.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6838 seconds (0.1#10.140)