Masuki kemarau, PDAM maksimalkan IPA

Sabtu, 25 Agustus 2012 - 00:10 WIB
Masuki kemarau, PDAM maksimalkan IPA
Masuki kemarau, PDAM maksimalkan IPA
A A A
Sindonews.com – Memasuki musim kemarau yang akan terjadi beberapa bulan kedepan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bantaeng memastikan ketersediaan air bersih aman.

Pasalnya, menurut Direktur PDAM Andi Nurjaya, langkah yang akan diambil pihaknya untuk mengatasi kekeringan nantinya, yakni dengan memaksimalkan tiga Instalasi Pengolahan Air bersih (IPA) yang ada di Bantaeng.

“Kami telah merampungkan tiga IPA yang akan memasok air bersih di delapan kecamatan di Bantaeng. Sehingga tidak terjadi kesulitan air saat kemarau,” ungkap Nurjaya, Jumat (24/8/2012).

Tiga IPA yang ada itu masing-masing adalah IPA Borong Ganjeng, IPA Bonto-Bonto dan IPA Barua. Ketiga IPA ini memiliki kemampuan untuk memasok air bersih hingga 20 liter per detik. Selain itu, IPA ini memiliki kemampuan untuk menampung air bersih dan menyalurkannya di musim kemarau.

Lebih lanjut, dia menambahkan, tiga IPA itu mendapatkan pasokan air dari berbagai sumber mata air. IPA Borong Ganjeng dipasok dari mata air Dammu yang terletak di Desa Bonto Karaeng, IPA Bonto-bonto dipasok dari mata air Eremerasa dan IPA Barua di pasok dari mata air Campaga. Ketiga mata air ini, kata dia, tidak akan kering meski memasuki musim kemarau.

“Selain itu, kami berencana tahun depan akan menambah dua bangunan air, yakni Stasiun Pengisian Air Bersih (SPAB) sekitar pantai Marina dan sekitar pelabuhan Mattoanging,” ungkap Nurdjaya.

Bangunan air ini, kata dia, akan semakin menjamin ketersediaan air bersih di Bantaeng. Meski demikian, Andi Nurjaya mengakui jika masih ada beberapa daerah yang belum memiliki instalasi jaringan perpipaan untuk air bersih.

Dia mengatakan, jaringan perpipaan itu sudah mulai dibangun dan sementara dalam proses perampungan. Dia berharap, jaringan perpipaan itu dapat selesai secepatnya.

Andi Nurjaya meminta kepada sejumlah kepala desa dan kelurahan yang belum tersentuh perpipaan air bersih untuk segera melaporkannya ke kantor PDAM dan Dinas PU Bantaeng. Dengan adanya laporan itu, maka pihaknya bisa menjadikan landasan untuk membangun jaringan perpipaan di daerah yang dimaksud.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, HM Nurdin Abdullah juga memastikan air bersih di Kabupaten Bantaeng aman. Menurutnya, sejumlah mata air di Bantaeng masih memiliki pasokan air bersih meski musim kemarau.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5621 seconds (0.1#10.140)