Konstruksi buruk, gedung SMP di Kulonprogo ambruk

Selasa, 31 Juli 2012 - 17:17 WIB
Konstruksi buruk, gedung SMP di Kulonprogo ambruk
Konstruksi buruk, gedung SMP di Kulonprogo ambruk
A A A
Sindonews.com - Diduga lantaran konstruksi bangunan buruk, sebuah bangunan laboratorium IPA milik SMP 3 Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa yogyakarta (DIY) ambruk.

Salah seorang saksi, Giyan Oriyono mengaku saat kejadian, Senin malam 30 Juli 2012 suaranya cukup keras. Giyan yang bertugas sebagai poenjaga malam langsung lari menuju sumber suara. Saat itulah seluruh atap bangunan laboratorium yang dibangun pada 2006 ini roboh.

“Malam itu, banyak warga berdatangan, termasuk para guru dan kepala sekolah,” ungkap Giyan menjelaskan kepada wartawan, Selasa (31/7/2012).

Kepala Sekolah SMP 3 Sentolo Praptinah mengatakan sejak tahun ajaran ini, bangunan tersebut sudah dikosongkan. Sebab kondisi atap cukup mengkhawatirkan. Sekolah sendiri sudah mengajukan proposal perbaikan kepada dinas untuk dilakukan perbaikan.

“Rencananya besok pagi atapnya mau diturunkan, tetapi malah lebih dulu roboh,” ujarnya.

Praptinah sendiri tidak mengerti proses awal pembangunan. Sebab dia baru sekitar empat bulan menjadi kepala sekolah di sini. Namun sebelum roboh, seluruh perangkat laboratorium sudah dipindahkan ke gedung yang lain. “Untungnya semuanya sudah dipindah,” tegasnya.

Kalangan DPRD Kulonprogo mengaku prihatin dengan kejadian. Begitu mendapat laporan, langsung melakukan inspeksi mendadak di lokasi gedung yang ambruk. Ditengarai penyebab ambruknya gedung ini, karena konstruksi yang tidak sesuai. Ini bisa dilihat dari besi untuk tiang penyangga yang ada di dinding sangat kecil.

“Kemungkinan ini masalah konstruksi, karena baru enam tahun dibangun. Mestinya usia seperti ini masih bagus, dan banyak bangunan yang lebih tua masih bagus,” tutur anggota KOmisi IV Kasdiyono.

Dewan, kata dia, akan segera memanggil Dinas Pendidikan untuk diklarifikasi. Sebab dari keterangan sekolah, mereka sudah mengajukan proposal perbaikan, dan permohonan kepada dinas.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3852 seconds (0.1#10.140)