Pembangunan Bea Cukai Timor Leste di zona netral diprotes

Rabu, 25 Juli 2012 - 11:52 WIB
Pembangunan Bea Cukai Timor Leste di zona netral diprotes
Pembangunan Bea Cukai Timor Leste di zona netral diprotes
A A A
Sindonews.com - Rencana pembangunan Kantor Bea cukai Timor Leste di zona netral sekitar Pos Polisi Timor Leste dan Pos TNI di Desa Haumeni-ana, Timor Tengah Utara, NTT terus mendapat protes dari warga. Aktivitas penggusuran tanah itu terhenti setelah warga bersama TNI Pos Haumeni-ana menghentikan kegiatan itu, meski demikian warga masih terus protes hingga hari ini.

“Kami warga Desa Haumeni-ana tidak terima dengan kegiatan pembanguanan di zona netral, kalau mau begitu kami juga dari Indonesia bisa juga lakukan hal yang sama di zona netral,” ungkap seorang warga Desa Haumeni-ana, petrus Asuat di Haumeni-ana, Rabu (25/7/2012).

Ia mengatakan, Walaupun sudah dihentikan, namun mereka masih waspada lantaran modus yang sering digunakan untuk membangun di zona netral malah biasanya berlangsung di saat pergantian pasukan penjaga perbatasan.

Menurut warga kondisi tercipta secara berkepanjangan dari setiap waktu setelah pihak Bakorsultanal saat itu secara diam-diam menetapkan titik patok batas tanpa ada sosialisasi dengan masyarakat di desa setempat.

Sementara itu, Komandan Korem 161 wirasakti Kupang, Brigjen TNI Ferdinan Setiawan, dalam kunjungannya ke Desa Haumeni-ana Selasa kemarin menghimbau warga agar tetap tenang dan tidak terprovokasi, ia meminta semua persoalan keamanan diserahkan kepada TNI perbatasan agar dapat diselesaikan.

“memang aksi itu ada, namun kita harus bisa selesaikan dengan dialog, salah satu tugas TNI adalah mensosialisaikan patok batas agar semua tau titik-titik batas yang ada, sementara soal sengketa perbatasan itu adalah kewenangan tingkat atas,” ujar Ferdinan.

Dari data yang dihimpun dari warga Desa Haumeni-ana, aksi penyerobotan bahkan aktivitas di zona netral sering dilakukan warga Timor Leste sudah tiga kali bertepatan dengan pergantian pasukan, yang pertama aksi penggarapan kebun di zona netral oleh warga Timor Leste, yang kedua, pembangunan lampu solar cell di di zona netral dan yang terakhir, rencana pembangunan Kantor Bea dan Cukai oleh pemerintah Timor Leste.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7956 seconds (0.1#10.140)