Jalur pendakian Gunung Gede ditutup

Jum'at, 20 Juli 2012 - 12:37 WIB
Jalur pendakian Gunung Gede ditutup
Jalur pendakian Gunung Gede ditutup
A A A
Sindonews.com - Balai Besar Taman nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) menutup sementara tiga jalur pendakian menuju Gunung Salak yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Kepala balai Besar TNGGP, Agus Wahyudi menerangkan penutupan tiga jalur pendakian akan diberlakukan selama satu bulan lamanya terhitung mulai 1 - 31 Agustus 2012. Langkah ini ditujukan untuk memulihkan ekosistem flora dan fauna yang berada di kawasan hutan Gunung Gede. Disamping itu penutupan juga untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan selama musim kemarau ini.

Tiga jalur pendakian yang ditutup itu meliputi pintu masuk Cibodas dan Gunung Putri, keduanya berada di wilayah Cianjur , sedangkan satu pintu masuk lainnya di Selabintana, Sukabumi.

“Bukan hanya memulihkan ekosistem saja, penutupan juga guna menghindari terjadinya kebakaran kawasan hutan. Sebab di bulan Agustus, curah hujan relatif rendah,” ungkap Agus.

Dikatakannya, penutupan ini hanya ditujukan untuk aktifitas pendakian saja. Sementara untuk jalur-jalur menuju obyek wisata yang berada di kawasan Gunung Gede tidak ditutup. Obyek wisata itu meliputi air terjun Cibeureum di Cibodas, Curug Cibeureum di Selabintana, Situ Gunung di Sukabumi dan beberapa tempat obyek wisata lainnya.

“Kami sudah sosialisasikan kebijakan penutupan jalur pendakian ini kepaa masyarakat agar tidak dilanggarnya. Penutupan hanya berlaku untuk pendakian saja, sementara masyarakat masih diperbolehkan jika ingin mengunjungi tempat wisata yang tersebar di kawasan Gunung Gede,” ungkap Agus.

Sementara salah seorang Volunteer Budiyanto, mengatakan langkah penutupan jalur pendakian ini sangat tepat dilakukan karena bersamaan dengan dilaksanakan bulan puasa.

“Di bulan puasa setiap tahunnya aktivitas pendakian sangat berkurang. Karena itu sangat tepat dijadikan momen untuk memulihkan ekosistem,” bebernya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)