37 imigran gelap kabur belum tertangkap

Sabtu, 30 Juni 2012 - 06:09 WIB
37 imigran gelap kabur belum tertangkap
37 imigran gelap kabur belum tertangkap
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 37 imigran gelap asal Iran, Afghanistan dan Turki yang melarikan diri saat ditampung di Mapolres Sidoarjo belum ketahuan jejaknya. Untuk menangkap imigran tersebut, Polres Sidoarjo minta bantuan jajaran Polres se-Polda Jatim.

Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki mengatakan pihaknya sudah menghubungi jajaran Polres se Polda Jatim untuk membantu menangkap imigran gelap.

"Kita juga sudah membagikan identitas imigran ke seluruh Polres jajaran Polda Jatim," ujar Marjuki menjelaskan kepada wartawan, Jumat (29/6/2012).

Meski demikian, mantan Kapolres Jombang ini mengaku pencarian yang dilakukan itu sifatnya membantu. Sebab imigran yang kabur itu merupakan tanggung jawab Imigrasi dan International Organization of Migration (IOM).

Marjuki juga menampik jika para imigran itu ditahan, tetapi diamakan. Sebab, imigran gelap itu bukanlah pelaku kriminal sehingga diamankan untuk didata.

Meski demikian, Polres Sidoarjo tetap akan membantu Imigrasi dan IOM untuk mencari imigran tersebut. "Sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda dimana mereka berada," tambah Marzuki.

Selain itu, polisi sudah memeriksa barang bawaan imigran gelap yang tertinggal di Aula Lantai II Bhara Fitnes Centre. Diharapkan dari barang bawaan itu ditemukan petunjuk yang mengarah terhadap keberadaan imigran gelap tersebut.

Kaburnya 37 imigran gelap tersebut sempat menjadi kontrovesi. Sebab, dari pihak Polres Sidoarjo mengaku sudah menyerahkan imigran tersebut ke pihak Imigrasi sehingga tanggung jawab berada dibawah kendali Imigrasi.

Sedangkan dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya mengaku jika 37 imigran gelap itu masih menjadi tanggungjawab Polres Sidoarjo karena belum ada serah terima secara tertulis.

"Saat imigran gelap itu kabur kita belum menerima penyerahan tertulis dari Polres," ujar juru bicara Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, M Fauzan.

Seperti diberitakan, sebanyak 37 imigran gelap asal Iran, Afghanistan dan Turki yang diamankan di Mapolres Sidoarjo kabur, Kamis 28 Juni. Mereka keluar dari aula lantai II Bhara Fitnes Centre Polres dan meninggalkan barang bawaannya.

Di ruang tempat penampungan imigran gelap itu, hanya terdapat tumpukan tas dan bed yang memang disediakan untuk tidur mereka. Informasi yang diperoleh, sejak pukul 10.00 WIB, mereka keluar diantaranya beralasan pamit makan.

Petugas tidak menyangka kalau mereka kabur karena mereka keluar tidak bersamaan, namun rombongan dua sampai empat orang. Namun, setelah ditunggu ternyata mereka sudah tidak ada.

Ironisnya, selain dijaga oleh dua petugas Imigrasi. Sejak malam, imigran gelap itu juga dijaga satu peleton (30 personil) petugas dari Polres Sidoarjo.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5907 seconds (0.1#10.140)