Imigran gelap asal Iran ditangkap di Sidoarjo

Rabu, 27 Juni 2012 - 13:56 WIB
Imigran gelap asal Iran ditangkap di Sidoarjo
Imigran gelap asal Iran ditangkap di Sidoarjo
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 16 warga asing asal Iran berhasil diamankan petugas Polsek Jabon Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Mereka diduga imigran gelap yang akan ke Australia.

Warga Iran yang semuanya laki-laki itu mendarat di perairan timur Sidoarjo, Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon. Dia menumpang kapal dari Probolinggo dengan tujuan ke Surabaya.

Mereka sengaja lewat jalur laut agar tidak ditangkap petugas. Sesampai di pesisir timur Sidoarjo, mereka naik ojek dan mencari sewaan mobil. Oleh warga kemudian ditunjukkan ke Kasum, warga Tlocor yang kebetulan mempunyai mobil sewaan.

Karena jumlah imigran itu 20 orang, Kasum mengajak tetangganya yang kebetulan mempunyai mobil sewa.

"Mereka (imigran asal Iran) minta diantarkan ke Hotel Surabaya," ujar Kasum menjelaskan kepada wartawan, Rabu (27/6/2012).

Setelah tersedia dua mobil yakni satu unit Isuzu Panther dan Suzuki Eskudo sebanyak 20 imigran itu kemudian diantar ke Surabaya. Namun, di tengah perjalanan, Kasum merasa takut jika penumpangnya tersebut merupakan imigran gelap.

Di tengah jalan, Kasum langsung menelepon polisi agar mencegat di tengah jalan. Sesampai di pertigaan dekat Kantor Polsek Jabon, beberapa petugas kemudian mencegat dua mobil itu.

Melihat polisi datang, imigran itu berusaha kabur. Polisi kemudian mengejar mereka dan berhasil menangkap sebanyak 16 orang. Sedangkan empat imigran berhasil melarikan diri.

Informasi yang diperoleh, sebenarnya imigran asal Iran itu berjumlah 30 orang. Namun, setelah mendarat di perairan timur Sidoarjo, mereka berpencar dengan tujuan Surabaya.

Rencananya, setelah tiba di Surabaya mereka akan berangkat ke Australia juga melalui jalur laut. Sebelum sampai di Surabaya, mereka tertangkap polisi.

Imigran itu menolak ketika akan diangkut ke Mapolres Sidoarjo. Demikian pula ketika akan diambil gambarnya, mereka menolak dan melempar botol air mineral ke arah petugas.

Kapolsek Jabon AKP Sunaryo mengatakan pihaknya menerima laporan adanya imigran yang mendarat di perairan timur Sidoarjo. Kemudian, dia menghadang dua mobil yang disewa oleh imigran tersebut.

"Kita masih mendata imigran itu, sejauh ini belum diketahui apakah mempunyai dokumen lengkap," ujarnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)