Lawan petugas, buronan ditembak polisi

Minggu, 24 Juni 2012 - 15:58 WIB
Lawan petugas, buronan ditembak polisi
Lawan petugas, buronan ditembak polisi
A A A
Sindonews.com - Jajaran tim buser Sat Reskrim Polres Pasuruan kembali menembak seorang buron spesialis pencurian hewan (curwan) ternak. Parto (30), Warga Dusun Dampol, Desa Benerwojo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) tak berkutik setelah petugas melumpuhkannya dengan timah panas dibagian kakinya.

Penangkapan buron curwan bermula ketika petugas melakukan patroli rutin. Saat memergoki tersangka, petugas bermaksud melakukan penggeledahan. Tersangka yang menyembunyikan senjata tajam (sajam) jenis pedang, berusaha menghindar dengan melakukan perlawanan kepada petugas.

Karena berusaha menyerang, petugas meminta agar tersangka segera menyerahkan diri. Namun karena upaya persuasif tersebut tidak diindahkan, petugas melumpuhkannya dengan tembakan yang mengenai kaki kanannya.

"Penangkapan dilakukan karena petugas memergoki dan mencurigai tersangka yang membawa sajam berupa pedang. Tersangka justru melawan petugas saat akan diperiksa," kata Kabag Ops Polres Pasuruan Kompol Jajak Herawan menjelaskan, Minggu (24/6/2012).

Menurut Kompol Jajak, setelah dilumpuhkan petugas langsung memberikan perawatan kepada tersangka. Dalam pemeriksaan di Mapolres Pasuruan, tersangka mengakui semua kejahatan yang pernah dilakukan.

Kepada penyidik tersangka mengaku bahwa dirinya telah melakukan pencurian hewan ternak kambing sebanyak 13 ekor di Desa CobanJoyo, Kecamatan Kejayan. Tindak kejahatan itu dilakukannya pada 28 April lalu. Selain itu, lanjut Kompol Jajak, tersangka juga mengakui melakukan tindakan kejahatan pencurian motor (curanmor) Honda Revo N 3298 VS pada 3 April lalu.

"Saat ini petugas tengah mendalami keterlibatan tersangka dengan buron pelaku kejahatan lainnya. Diduga kuat, tersangka memiliki jaringan kejahatan yang masih dalam pengejaran petugas," tandas Kompol Jajak.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)