PMI masih kekurangan stok darah

Senin, 18 Juni 2012 - 09:06 WIB
PMI masih kekurangan stok darah
PMI masih kekurangan stok darah
A A A
Sindonews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan masih saja kekurangan stok darah. Dari 160 kantong darah yang dibutuhkan per hari, hanya terpenuhi 100 kantong saja.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Donor Darah PMI Provinsi Sumut Horas Raja Gukguk mengatakan dengan kondisi itu tentu sangat tidak baik. Melihat permasalahan tersebut akhirnya memutuskan untuk terus mengajak dan mensosialisasikan soal donor darah.

Seperti yang dilakukan untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia dan HUT ke-62 Kodam I Bukit Barisan menggelar donor darah di kantor PMI Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Dengan keikhlasan mendonorkan darah adalah sikap dari pebuatan seorang pahlawan. Setiap tetesan darah yang diberikan seseorang akan memiliki manfaat bagi jutaan masyarakat di Indonesia,” ujar Horas menjelaskan kepada wartawan, Minggu 17 Juni 2012.

Selain dengan Kodam I Bukit Barisan, pihaknya juga akan membangunkerjasamadengan perguruan tinggi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan instansi lainnya untuk melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin dalam memenuhi kebutuhan darah di Sumatera Utara.

Ketua PMI Kota Medan, Ijek Shah mengakui adanya peningkatan penyediaan kantung darah di Kota Medan,yakni lebih dari 3.000 kantung per bulan. Bahkan sebutnya, permintaan sejumlah instansi dan perusahaan baik swasta, maupun pemerintah juga semakin tinggi untuk meminta unit donor darah (UDD) PMI Kota Medan untuk menggelar kegiatan donor darah.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6526 seconds (0.1#10.140)