Longsor di Bandung, jalan antar kecamatan putus

Jum'at, 08 Juni 2012 - 09:01 WIB
Longsor di Bandung, jalan antar kecamatan putus
Longsor di Bandung, jalan antar kecamatan putus
A A A
Sindonews.com - Jalan utama penghubung antara Kecamatan Cipongkor dengan Kecamatan Gununghalu dan Rongga lumpuh total. Hal tersebut dikarenakan jalan sepanjang 500 meter di Kampung Genteng, RT 02/02, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat itu tertutup material tanah longsor, kemarin.

Tidak hanya menutup jalan, tanah longsor juga merusak lahan persawahan dan satu rumah yang juga digunakan untuk tempat pendidikan anak usia dini (PAUD) rusak parah.

Rumah yang rusak berat itu milik Wiwi Widianingsih, 40. Dinding ruang tamu dan kamar hancur diterjang longsor. Akibatnya, dia dan suaminya terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya. Begitu juga dengan keluarga Rohati (3 jiwa), Eyet (4 jiwa), dan Ade Aang (4 jiwa) yang rumahnya terancam longsor, ikut mengungsi.

Wiwi mengatakan, ketika kejadian sedang di kamar mandi. Saat itu hujan turun deras. Tiba-tiba dia mendengar ada suara tembok rubuh. Tidak lama setelah itu, dia melihat air dan tanah keluar dari kamar depan. Ketika dilihat ternyata dinding kamar miliknya roboh termasuk dinding ruang tamu.
Karena kaget, dia langsung lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. “Semua barang-barang berharga saya di lemari kamar tertimbun tanah, termasuk surat-surat penting seperti ijazah, surat tanah, dan SK PNS,” kata Wiwi yang mengajar di SD 2 Cibenda ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Maman Sulaeman mengaku bisa saja pemicu longsor di Kampung Genteng, Desa Cintaasih, Cipongkor ini dari gempa yang berpusat di Sukabumi.

Terlepas dari hal itu, kontur tanah di tempat ini adalah tanah liket dan memiliki pori-pori besar. Apabila ada retakan tanah maka air akan sangat mudah merembes dan berpotensi terjadi pergerakan.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6735 seconds (0.1#10.140)