Makelar tanah bandara mulai bergerilya

Kamis, 07 Juni 2012 - 09:50 WIB
Makelar tanah bandara mulai bergerilya
Makelar tanah bandara mulai bergerilya
A A A
Sindonews.com - Makelar tanah mulai bergentayangan di Temon, Kulonprogo. Makelar ini mengiming- imingi warga agar mau menjual tanahnya dengan harga tinggi untuk pembangunan megaproyek bandara internasional pengganti Bandara Adisutjipto.

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mengaku mendengar adanya pergerakan masif yang dilakukan makelar tanah. Padahal, tingginya harga tanah melebihi standar yang ditetapkan berdasarkan undang-undang berpotensi besar menggagalkan realisasi megaproyek tersebut.

”Saya belum tahu pasti siapa saja yang bermain. Tapi memang sudah ada makelar tanah yang bergerilya mengimingi warga agar mau menjual tanahnya dengan harga tinggi. Mereka ini orang-orang tak bertanggung jawab,” kata Sutedjo kemarin.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengaku hingga kini belum ada keputusan pasti di mana proyek bandara akan bangun. Pemilihan tempat akan bergantung harga tanah di daerah yang masuk daftar kelayakan seperti Temon dan Bantul.

”Sekarang tergantung bagaimana pemkab setempat menekan harga tanah. Kalau harganya mahal, ya pindah, cari yang lebih murah. Bisa enggak pemkab mengurus itu kalau memang mau punya megaproyek,” kata Sultan.

Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo Thomas Kartaya meminta pemkab lebih proaktif melakukan pendekatan kepada masyarakat. Langkah konkret pemkab dibutuhkan agar mega proyek tak beralih ke daerah lain. ”Pemkab harus proaktif jangan hanya menunggu,” ujarnya.

Hingga saat ini belum ada upaya sosialisasi yang dilakukan pemkab kepada masyarakat sambil menunggu masterplan pembangunan bandara.(lin)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)